Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan, Ini Cara Menjaga Area Pintu Masuk Rumah Tetap Bersih

Kompas.com - 10/02/2021, 20:06 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber LivSpace

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri musim hujan akan membuat rumah semakin lembap dan terkadang selalu basah terutama di daerah teras dan pintu masuk.

Tidak hanya membuat rumah semakin berantakan, namun hal ini akan membahayakan ketika teras atau pintu masuk dalam keadaan basah, karena kemungkinan tergelincirnya semakin besar.

Dilansir dari Livespace, Rabu (10/2/2021), ada beragam cara untuk membuat teras atau pintu masuk rumah tetap dalam keadaan kering sebagai berikut. 

Baca juga: Bagaimana Menjaga Rumah agar Bersih dan Kering di Musim Hujan?

Gantungan payung

Letakkan gantungan atau tempat payung di depan teras rumah, sehingga ketika masuk ke dalam, tamu ataupun anggota keluarga sudah menggantung jas hujan atau payung yang basah.

Anda bisa memasangkan kait yang menempel di dinding sehingga tidak perlu menancapkan paku ke dinding. Untuk tempat payung basah, Anda bisa menggunakan ember sebagai wadah penampungnya.

Rak sepatu terbuka

Ganti lemari tertutup dan rak sepatu di pintu masuk Anda dengan yang terbuka. Dengan cara ini alas kaki Anda mudah mengering, secara signifikan mengurangi kemungkinan tumbuhnya jamur.

Jika Anda tidak dapat menyingkirkan penyimpanan tertutup Anda, gunakan bola kamper, bola naftalena, atau daun nimba untuk menghilangkan kelembaban.

Paket gel silika juga sangat efektif dan dapat dimasukkan ke dalam alas kaki saat tidak digunakan.

Baca juga: 5 Trik Mengeringkan Pakaian Saat Musim Hujan

Keset

Letakkan keset besar di depan pintu sehingga orang dapat membersihkan sepatu sebelum masuk. Dianjurkan untuk menggunakan keset bambu, karet atau keset sabut untuk musim hujan karena mereka menyerap air lebih cepat daripada kain biasa.

Latihan

Jika Anda memiliki anak di dalam rumah, latih anak Anda untuk membersihkan diri atau membuang pakaian berlumpur sebelum memasuki rumah.

Jika Anda memiliki lebih dari satu pintu masuk ke rumah, pastikan mereka hanya menggunakan pintu tertentu untuk masuk dan keluar. Ini akan membatasi jumlah tempat masuknya kotoran ke dalam rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com