Kompas.com - 10/02/2021, 17:23 WIB
Ilustrasi alat masak dari stainless steel ShutterstockIlustrasi alat masak dari stainless steel

JAKARTA, KOMPAS.com - Perlengkapan memasak stainless steel memiliki keunggilan tersendiri yakni ukurannya lebih ramping, modern, dan mudah didapatkan. Selain itu, stainless steel memiliki kualitas dan data tahan yang kuat, sehingga sering digunakan oleh beberapa orang untuk kegiatan memasak.

Namun, terkadang pemakaiannya yang terlalu sering, menyebabkan perlengkapan ini bernoda.

Dilansir dari Hunker, Rabu (10/2/2021), dengan menggunakan air suling tiga perempat gelas, alkohol 70 persen sebanyak tiga perempat cangkir, dan botol semprot bisa membuat permukaan wajan atau panci berkilau serta mendisinfeksinya.

Baca juga: Cara Ampuh Basmi Karat di Barang Stainless Steel

Pertama, takar dan tuangkan air dan alkohol gosok ke dalam botol semprot. Anda dapat menambah atau mengurangi jumlahnya dan pastikan untuk menjaga rasio 1: 1.

Alkohol gosok adalah kunci peralatan memasak stainless steel mengkilap karena cepat menguap tanpa meninggalkan residu. Semprotan ini juga membantu mencegah peralatan dari noda dan sidik jari di masa mendatang.

Untuk menggunakan, semprotkan ke stainless steel dan bersihkan menggunakan kain lembut. Jika Anda melihat lebih dekat, Anda akan melihat bahwa stainless steel memiliki sedikit butiran jadi selalu bersihkan secara rutin. 

Selain itu, penggunaan alkohol untuk mendisinfeksi permukaan wajan atau panci saat dibersihkan.

Baca juga: Wadah Makanan Plastik, Kaca, dan Stainless Steel, Mana yang Terbaik?

Yang harus diperhatikan, hindari membersihkan baja tahan karat dengan pembersih atau spons abrasif, karena ini akan membuat goresan permanen.

Namun, karena alkohol gosok memiliki bau yang kuat, jadi buka jendela dan beri ventilasi jika Anda sering membersihkan. Selain itu, jangan gunakan semprotan ini di sekitar panas atau api untuk menghindari kebakaran.



Sumber Hunker
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X