Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, 3 Benda Kayu di Rumah yang Bisa Rusak Saat Musim Hujan

Kompas.com - 31/01/2021, 10:08 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber LivSpace

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan dengan jangka waktu lama akan membuat kelembapan yang tinggi di dalam maupun luar rumah. Hal ini berkaitan juga dengan furnitur bermaterial kayu di dalam rumah akan mengalami pemuaian.

Dilansir dari Livspace, Minggu (31/1/2021), beberapa furnitur atau benda bermaterial kayu seperti pintu, dan lantai akan mengalami dampak ketika musim hujan, beberapanya akan mengalami pemuaian atau bahkan retakan.

Lantas, furnitur kayu apa saja yang berdampak? Simak ulasannya di sini.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Cabai Saat Musim Hujan

Pintu

Pintu kayu adalah pilihan populer pemilik rumah. Tetapi pintu ini biasanya membengkak selama beberapa bulan dalam setahun.

Akibat akumulasi kelembaban, penggunaan pintu kayu menjadi tantangan selama musim hujan. Untuk tindakan pencegahan, Anda bisa mengecat pintu ini sebelum musim dimulai. Ini menciptakan lapisan pelindung dan mencegah kelembaban masuk ke material.

Furnitur

Meskipun furnitur kayu menghadirkan pesona yang elegan dan antik, furnitur ini juga dilengkapi dengan banyak aturan perawatan dan memerlukan pembersihan saat musim hujan.

Aplikasikan lapisan pernis atau semir untuk mencegah kelembapan yang merusak lemari, kursi, lemari pakaian, tempat tidur, dan sebagainya.

Baca juga: Simak, Tips Mencegah Furnitur Kayu Berjamur

Lantai

Retakan dan kebocoran akan merusak lantai kayu sebelum kelembapan atau jamur mencapai lantai tersebut. Pastikan lantai kayu selalu jauh dari kelembaban. Pilihlah wax sealant (pelapis) yang dapat menjaganya tetap terlindung dari serangan hujan selama 2-3 tahun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com