Kompas.com - 30/01/2021, 15:14 WIB
Ilustrasi tanaman cabai. PIXABAY/MARIYAIlustrasi tanaman cabai.

JAKARTA, KOMPAS.com - Air hujan memang pilihan terbaik untuk penyiraman tanaman, karena tidak mengandung klorin dan memiliki kandungan yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh subur.

Namun, hujan yang terlalu sering akan menyebabkan kelembapan yang membuat gulma perusak tanaman berkembang biak dengan cepat salah satunya di tanaman cabai.

Tanaman cabai merupakan tanaman yang mudah berkembang, namun bagaimana merawatnya jika di musim hujan?

Baca juga: Mengapa Tanaman Cabai Menguning dan Rontok? Ini Sebabnya

Mengutip kanal Youtube Taman Inspirasi, Sabtu (30/1/2021), musim hujan dapat mengundang hama dan gulma dengan cepat, sehingga saat musim hujan ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat merawat tanaman cabai, sebagai berikut.

Menjaga kelembaban media tanam

Sama halnya dengan tanaman lainnya, tanaman cabai juga memerlukan air untuk tumbuh dengan subur, sehingga harus disiram secara teratur.

Namun, kebutuhan air pada tanaman cabai harus disesuaikan oleh cuaca, kondisi, dan suhu dari lingkungan.

Jika cuaca sedang panas perlu disiram satu hingga dua kali sehari, tetapi jika curah hujan sedang tinggi, tidak perlu disiram terlalu sering karena akan menyebabkan rontok pada bunga atau buah cabainya.

Baca juga: Trik Membuat Tanaman Cabai Tumbuh Lebat

Nutrisi

Pemberian nutrisi pada cabai harus terpenuhi agar cabai bisa tumbuh dengan subur. Untuk tanaman cabai yang paling dibutuhkan adalah nutrisi dengan unsur NPK (nitrogen, fosfor, kalium) atau pupuk NPK.

Jenis pupuk yang dapat dipilih sangat beragam mulai dari organik hingga buatan. Solusi lainnya, cabai juga bisa disiram dengan pupuk organik cair buatan dari air bekas cucian dapur seperti air bekas cucian beras.

Selain itu, pemberian pupuk kandang sebagai pupuk susulan juga penting diberikan saat umur tanaman satu bulan awal dan seterusnya diberikan secara berkala selama tiga hingga satu bulan sekali.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X