Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Smart Lock, Perangkat Keamanan Pintu Canggih Tanpa Kunci

Kompas.com - 25/02/2021, 10:50 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di zaman yang semakin modern seperti saat ini, ada ratusan perangkat keamanan rumah pintar yang tersedia di pasaran yang tampak luar biasa.

Perangkat keamanan saat ini terdiri dari berbagai hal, mulai dari kamera keamanan hingga kamera bel pintu, sensor intrusi jendela dan pintu, hingga detektor gerakan.

Kesamaan dari semua perangkat ini adalah mereka dapat bekerja bersama untuk memastikan rumah, orang yang kamu cintai, dan harta bendamu aman dan terlindungi.

Baca juga: Aturan dan Tips Keamanan Dapur yang Perlu Dilakukan

Pada artikel ini, kamu akan mendalami salah satu perangkat keamanan pintar canggih, seperti smart door lock atau kunci pintu pintar.

Kamu akan mempelajari apa itu smart lock door, cara kerjanya, dan bagaimana kamu dapat memasukkannya ke dalam otomatisasi rumah dan sistem keamanan, dilansir dari Smart Home Solutions, Rabu (24/2/2021).

Apa itu smart door lock alias kunci pintu pintar?

Smart door lock adalah kunci yang memiliki sistem penguncian yang lebih canggih daripada kunci tradisional yang masih harus menggunakan sebuah kunci untuk membukanya.

Keypad, fob enabled, wireless, dan biometric hanyalah beberapa dari jenis smart door lock yang tersedia. Smart lock door dapat terhubung ke jaringan dan dikontrol dari jarak jauh dari antarmuka smartphone atau komputer.

Baca juga: Pertimbangkan 6 Hal Ini Sebelum Membeli Pintu dan Jendela untuk Hunian

Ini adalah definisi yang sangat lugas dan sederhana, jadi mari menggali Iebih dalam dan melihat bagaimana kunci pintu pintar dapat menjadi bagian penting dari sistem keamanan rumah.

Smart door lock dan Internet of Things

Kamu mungkin pernah mendengar tentang Internet of Things (loT) dan semua perangkat yang dapat disertakan. Salah satu dari banyak kelas perangkat IoT adalah smart lock door (alias kunci pintar).

Meskipun gagasan tentang loT sepintas di artikel ini, namun tetap harus dibahas. Dunia IoT hanya berkembang dan smart lock door akan terus berkembang.

Demikian juga, smart lock door cocok dengan skema yang Iebih luas dari otomasi dan keamanan rumah pintar, yang didominasi perangkat IoT dan IoT.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com