Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2020, 16:54 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga tanah yang semakin naik, membuat pilihan tinggal di rumah dengan luasan terbatas menjadi solusi utama.

Namun, memiliki rumah dengan lahan terbatas berarti Anda tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk dijadikan sebuah taman.

Akan tetapi, dengan beberapa trik seperti yang dilansir dari Good Housekeeping, Selasa (8/12/2020), Anda bisa membuat taman walaupun hanya memiliki sedikit lahan.

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Tidak Mudah Mati di Halaman Rumah

1. Perencanaan 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat perencaan yang matang sebelum membuat taman ini.

Mulai dari berapa pot atau tanaman yang akan diletakkan di taman tersebut, jenis pot apa yang akan digunakan, dimana peletakannya, dan semua detail tentang perencanaan pembuatan taman.

2. Buat lebih simpel

Yang harus diingat adalah taman ini memiliki ruang yang terbatas, sehingga buatlah sesimpel mungkin. Hindari penggunaan pot besar pada taman, hal ini akan membuat taman semakin sempit.

Jika memiliki sisi kosong di dinding, manfaatkan dengan menggunakan pot gantung.

Baca juga: Cara Membuat Taman Rumah Lebih Nyaman

3. Rak

Agar bisa memanfaatkan ruang dengan maksimal, buatlah rak bertingkat untuk meletakkan beberapa tanaman. Selain memanfaatkan ruang secara maksimal, rak bertingkat ini bisa membuat taman kecil Anda semakin cantik.

Tata tanaman sesuai dengan ketinggian, letakkan tanaman dengan daun yang menjulang tinggi di paling belakang dan yang lebih pendek di depan.

4. Tempat terang

Berikan salah satu sisi dengan warna yang lebih terang. Anda bisa mengaplikasikan warna cat dinding yang terang seperti hijau, putih, dan lainnya. Kombinasikan dengan beberapa elemen dekorasi lainnya, atau bisa meletakkan tanaman gantung di sisi ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com