Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajarkan Anak Kelola Sampah Sejak Dini di Rumah dengan Cara Ini

Kompas.com - 28/11/2020, 13:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bertepatan dengan gelaran Festival Dongeng Internasional Indonesia (FDII) yang diinisiasi oleh komunitas Ayo Dongeng Indonesia, Danone Indonesia meluncurkan Seri Dongeng Edukasi Sampahku Tanggung Jawabku (Samtaku).

Samtaku memberikan edukasi terkait pentingnya pengelolaan sampah sejak usia dini.

Inisiatif ini juga merupakan bentuk dukungan Danone Indonesia dalam menangani permasalahan sampah plastik di lautan yang saat ini juga menjadi bagian dari fokus pemerintah, sesuai Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016 untuk memulai Gerakan Indonesia Bersih.

Baca juga: Ingat, Jangan Gunakan Cuka untuk Membersihkan Benda-benda Ini

Seri dongeng karya Mochamad Ariyo Faridh Zidni dan ilustrator Dewi Tri Kusumah Handayani ini, berbentuk buku cerita bergambar dan video animasi. Dongeng terdiri dari empat judul, yaitu Petualangan Pagi-pagi, Bahaya Mengancam, Jagoan Beraksi, dan Tawa Kemenangan.

Melalui tokoh kakak-beradik Mita dan Dodo, anak-anak diperkenalkan tentang jenis sampah, perjalanannya, serta dampak buruknya jika dibuang sembarangan.

Dengan gaya berpetualang, anak-anak juga diajak untuk menjadi pahlawan lingkungan dengan memilah dan membuang sampah pada tempatnya.

Seri dongeng ini diharapkan bisa mengajak anak-anak untuk mulai belajar menjaga lingkungan dari sampah dengan menarik dan menyenangkan.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Saus dan Mayones di Karpet

“Kepedulian terhadap masalah lingkungan dan mendorong keterlibatan generasi muda untuk mengambil bagian di dalamnya harus di pupuk sejak usia dini. Untuk memberikan pengertian kepada anak-anak dibutuhkan sarana yang menyenangkan sekaligus mudah dipahami," kata Ariyo dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/11/2020).

"Kami memilih mengembangkannya melalui metode seri dongeng edukasi yang akan menarik minat anak-anak untuk lebih mengerti seputar permasalahan sampah," imbuhnya.

Sementara itu, Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto menjelaskan, inisiatif ini merupakan bagian dari visi besar Danone One Planet One Heath.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com