Kompas.com - 28/11/2020, 11:08 WIB
Ilustrasi kucing. SHUTTERSTOCK/5 SECOND STUDIOIlustrasi kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sesekali membiarkan kucing peliharaan berkeliaran ke luar rumah, merupakan cara untuk membuat mereka memiliki kesempatan menjelajah lebih luas untuk bermain, berburu, memanjat, dan lain sebagainya.

Namun, dengan meningkatnya berbagai risiko dari keadaan luar rumah seperti ramainya kendaraan bermotor hingga pandemi Covid-19, semakin banyak pemilik hewan peliharaan yang memilih keselamatan jiwa kucing mereka dengan tidak membiarkannya keluar rumah.

Bagi kamu yang baru memelihara kucing dan bingung apakah peliharaan barumu itu perlu dibiarkan keluar rumah atau tidak, maka baca terus ke bawah untuk tahu lebih jauh, dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (28/11/2020).

Baca juga: Ingin Memotong Kuku Kucing? Begini Caranya

Bagaimana saya tahu jika kucing saya ingin berada di dalam atau di luar ruangan?

Sangat penting untuk mempertimbangkan keinginan kucingmu. Mereka biasanya cukup pandai memberi tahumu apakah mereka ingin ke luar atau di dalam rumah.

Kucing yang lebih tua atau mereka yang memiliki kecacatan atau masalah medis akan lebih menyukai keamanan dalam ruangan rumah dan kenyamanan yang menyertainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, ada beberapa kucing yang benar-benar ketakutan di luar, yang mungkin disebabkan oleh kucing liar yang agresif di lingkunganmu atau suara yang keras.

Jika kamu baru memelihara kucing dari luar rumah, mungkin mereka secara konsisten meminta kepadamu untuk membiarkannya pergi keluar.

Baca juga: Kucing Himalaya, Si Cantik Hasil Kawin Silang Persia dan Siam

Biasanya kucing yang ingin keluar rumah mereka akan mengeong yang secara konstan dan mungkin mencoba kabur setiap kali melihat pintu atau jendela yang terbuka.

Setelah kamu membuat pilihan untuk membiarkan peliharaanmu di luar ruangan atau memeliharanya sebagai kucing rumahan, penting bagimu untuk mematuhinya.

Kucing yang sebelumnya dibiarkan berkeliaran cenderung tidak beradaptasi dengan baik dengan kehidupan di dalam ruangan, dan mungkin mengembangkan masalah perilaku tertentu.

Manfaat kucing dibiarkan di dalam rumah

Jika kamu condong untuk memelihara kucing di dalam rumah atau menjadi kucing rumahan, ada banyak manfaatnya, berikut di antaranya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.