Kompas.com - 28/11/2020, 12:48 WIB
Ilustrasi tempat tidur, tempat tidur minimalis. SHUTTERSTOCK/LEKSTOCK 3DIlustrasi tempat tidur, tempat tidur minimalis.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasur adalah hal penting dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, agar istirahat Anda berkualitas, pastikan kasur dalam keadaan baik dan selalu bersih.

Dengan demikian, kasur dapat tahan lama dengan kualitas yang tetap prima. Sebab, jika kasur tidak dirawat dengan baik, Anda pastinya harus merogoh kantong cukup dalam untuk membeli kasur baru.

Nah, bagaimana cara membersihkan kasur dan merawatnya agar tetap bersih dan tahan lama? Dilansir dari Good Housekeeping UK, Sabtu (28/11/2020), berikut sejumlah tipsnya.

Baca juga: Kenali 4 Tipe Kasur yang Sesuai Kebutuhan

1. Rapikan tempat tidur setiap hari

Merapikan tempat tidur begitu Anda bangun setiap pagi sebenarnya bisa berdampak buruk bagi kasur. Setiap malam, kita kehilangan sekitar setengah liter air saat tidur.

Meskipun kita menghembuskan napas sebagai uap air, kita mengeluarkan keringat langsung ke tempat tidur kita.

Merapikan tempat tidur setiap hari bisa berisiko memerangkap kelembaban di tempat tidur, yang menciptakan lingkungan yang menarik bagi tungau dan membentuk noda.

Sebaliknya, balikkan duvet saat Anda bangun dan bersinar agar kelembaban yang terbentuk pada malam hari menguap.

Baca juga: Simak, Panduan Feng Shui dalam Memilih Kasur dan Tempat Tidur

Jika Anda merasa berkeringat di malam hari, bukalah jendela sebelum Anda tidur, yang juga akan membantu mengatur kelembaban di kamar tidur.

2. Cuci seprai seminggu sekali

Cegah tungau debu tinggal di kasur Anda dengan mengganti seprai dan selimut setidaknya sekali seminggu dan mencucinya pada suhu minimum 60 derajat celcius.

Gunakan pelindung kasur atau duvet yang bisa dicuci dengan mesin untuk membantu menghentikan keringat atau cairan tubuh lain yang bersentuhan dengan kasur Anda.

Cuci sekali setiap dua bulan pada suhu tertinggi yang direkomendasikan pada label perawatan.

Baca juga: 5 Pilihan Tempat Tidur Tingkat untuk Kamar Anak dan Harganya

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X