Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Keselamatan Lalu Lintas, Perancis Gaungkan Slogan "Berkendaralah Seperti Perempuan"

Kompas.com - 13/05/2024, 20:21 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com - Sebuah asosiasi keselamatan lalu lintas di Perancis, Victims and Citizens, pada Senin (13/5/2024) mengatakan, telah meluncurkan kampanye yang mendorong para pria untuk berkendara seperti perempuan.

Hal itu memiliki tujuan untuk mengurangi angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas dan sekaligus mematahkan stereotip seksis yang menyatakan pria lebih baik berada di belakang kemudi.

Mereka kini telah memasang iklan-iklan yang disertai dengan slogal "Drive Like A Woman" di stasiun-stasiun metro dan diposting secara online.

Baca juga: Macron Harap Kylian Mbappe Bisa Bela Perancis di Olimpiade 2024

"Melihat data menunjukkan, stereotip bahwa pria adalah pengemudi yang lebih baik tidaklah benar," kata asosiasi Victims and Citizens dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dikutip dari AFP.

Mereka mendapati data dari Pemerintah Perancis yang mengungkap bahwa sekitar 84 persen dari kecelakaan mematikan di jalan raya nyatanya disebabkan oleh pria.

Asosiasi Victims and Citizens, yang membantu orang-orang yang terluka dalam kecelakaan lalu lintas dan menjalankan kampanye kesadaran, menyatakan harapan dapat mendorong perubahan dalam mentalitas dan perilaku para pria.

Menurut laporan Pemerintah Perancis, sebanyak 93 persen pengemudi yang menyebabkan kecelakaan di bawah pengaruh alkohol adalah laki-laki.

"Mengemudi seperti perempuan hanya berarti satu hal, tetap hidup," kata kampanye iklan tersebut.

Baca juga:

Hampir 3.200 orang tewas dalam kecelakaan di jalan raya di Perancis tahun lalu, dengan data awal tahun ini menunjukkan kemungkinan peningkatan pada 2024.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com