Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Blueberry Terberat di Dunia Ini Ada di Australia

Kompas.com - 15/03/2024, 17:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Sky News

CANBERRA, KOMPAS.com - Blueberry seukuran telapak tangan ini telah masuk dalam buku rekor setelah resmi dinobatkan sebagai blueberry terberat di dunia.

Buah besar dengan berat 20,4 g dan lebar 39,31 mm ini ditanam oleh Costa Group di New South Wales, Australia.

Dikutip dari Sky News pada Jumat (15/3/2024), buah itu dipetik pada 13 November 2023 dan kini telah diakui oleh Guinness World Records.

Baca juga: Gempa Bumi Terbesar di Dunia Berkekuatan M 9,5 Ada di Negara Ini

Blueberry yang merupakan varietas Eterna, dibudidayakan sebagai bagian dari program peningkatan varietas (VIP) Costa oleh Brad Hocking, Jessica Scalzo dan Marie-France Courtois.

Sebelumnya, untuk pemegang rekor buah blueberry terberat di dunia punya berat 16,2 gram yang ditanam di Australia Barat pada 2020.

Hocking mengatakan varietas Eterna dikenal karena ukuran buahnya yang besar, teksturnya yang renyah, dan umur simpan yang lama.

"Eterna sebagai varietas memiliki rasa yang sangat enak dan buah yang besar secara konsisten. Saat kami memetik yang ini, mungkin ada sekitar 20 buah beri lainnya dengan ukuran yang sama berat," terangnya.

Namun dia menekankan meski buahnya besar, sama sekali tidak ada kompromi dalam kualitas atau rasa seperti yang diharapkan ketika mengembangkan varietas blueberry premium.

Dijelaskan bahwa buah ini dibudidayakan untuk memenuhi meningkatnya permintaan akan produk yang lebih besar, dengan peralihan dari penggunaan buah dalam pembuatan kue dan sereal sarapan menjadi makanan ringan.

Skema VIP Costa, yang berkantor pusat di Corindi sekitar 350 km selatan Brisbane, telah beroperasi selama lebih dari 25 tahun, mengembangkan rata-rata satu atau dua varietas blueberry baru yang bernilai komersial global setiap tahunnya.

Baca juga: Ini 9 Jam Dinding Tertua di Dunia, Nomor 1 Dibuat Tahun 1344

"Kami selalu berupaya mengembangkan varietas baru yang meningkatkan standar saat ini dan memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang," terang George Jessett, manajer hortikultura internasional Costa.

"Kami juga berupaya membiakkan varietas yang lebih mudah beradaptasi terhadap iklim yang lebih panas, lebih toleran terhadap kekeringan, dan memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap tekanan hama dan penyakit," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com