Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Ferrari Mantan Pembalap F1 yang Dicuri pada 1995 Akhirnya Ditemukan

Kompas.com - 04/03/2024, 17:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Sebuah mobil Ferrari F512M Testarossa merah milik mantan pembalap F1 yang dicuri pada 1995 akhirnya ditemukan.

Mobil milik mantan pembalap Austria Gerhard Berger setelah Grand Prix San Marino pada tahun 1995 telah menghilang dari luar hotelnya.

Dikutip dari AFP pada Senin (4/3/2024), Polisi Metropolitan London Inggris mengatakan pihaknya melancarkan penyelidikan pada Januari setelah menerima laporan dari Ferrari.

Baca juga: Baru Dibeli, Ferrari Ini Kecelakaan Usai Melaju 3 Km

Pihak Ferrari telah melakukan pemeriksaan terhadap mobil yang dibeli oleh pembeli AS melalui broker Inggris pada tahun 2023, yang mengungkapkan bahwa mobil tersebut dicuri.

Petugas kemudian menelusuri latar belakang mobil tersebut dalam waktu empat hari dan menemukan bahwa mobil tersebut telah dikirim ke Jepang tak lama setelah dicuri dari Berger dan kemudian dibawa ke Inggris pada akhir tahun 2023.

Polisi kemudian menyita kendaraan tersebut untuk mencegahnya diekspor dari Inggris.

"Ferrari yang dicuri nilainya mendekati $443.000 (Rp 6,9 miliar) hilang selama lebih dari 28 tahun sebelum kami berhasil melacaknya hanya dalam empat hari," kata petugas polisi Mike Pilbeam, yang memimpin penyelidikan.

"Kami bekerja cepat dengan mitra termasuk Badan Kejahatan Nasional, serta Ferrari dan dealer mobil internasional," terangnya.

Menurutnya, kolaborasi ini berperan penting dalam memahami latar belakang kendaraan tersebut dan dapat menghentikannya meninggalkan negara tersebut.

Dikatahui, Berger adalah salah satu pembalap paling populer selama 14 musim karirnya di Formula Satu, yang dimulai pada tahun 1984 dan berakhir pada 1997.

Baca juga: Ferrari Tarik 2.222 Unit Mobil dari China karena Potensi Rem Blong

Ia memenangkan 10 Grand Prix dan dua kali finis ketiga dalam kejuaraan saat mengemudi untuk tim Ferrari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com