Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Ini Minum Soda Setiap Hari Selama Setahun, Lihat Apa yang Terjadi pada Giginya

Kompas.com - 03/03/2024, 12:22 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Makanan atau minuman manis sebenarnya baik untuk tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Sayangnya, terkadang kita lengah dengan berlebihan mengonsumsi jenis makanan atau minuman tersebut.

Alhasil, kita harus menghadapi sejumlah masalah kesehatan.

Baca juga: Pakai GPS, Perempuan Ini Masuk Jembatan Gantung dan Terjebak

Seperti halnya yang dialami oleh seorang perempuan muda asal Shaoxing, Zhejiang, China, bernama Xiao Wang (nama samaran).

Ia mengaku menenggak minuman bersoda setiap hari selama 1 tahun lamanya.

Sebagai akibatnya, giginya pun rusak.

Makanan atau minuman manis sebenarnya baik untuk tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Sayangnya, terkadang kita lengah dengan berlebihan mengonsumsi jenis makanan atau minuman tersebut.

Alhasil, kita harus menghadapi sejumlah masalah kesehatan. Seperti halnya yang dialami oleh seorang perempuan muda asal Shaoxing, Zhejiang, China, bernama Xiao Wang (nama samaran). Ia mengaku menenggak minuman bersoda setiap hari selama 1 tahun lamanya. Sebagai akibatnya, giginya pun rusak.China Blue News Makanan atau minuman manis sebenarnya baik untuk tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Sayangnya, terkadang kita lengah dengan berlebihan mengonsumsi jenis makanan atau minuman tersebut. Alhasil, kita harus menghadapi sejumlah masalah kesehatan. Seperti halnya yang dialami oleh seorang perempuan muda asal Shaoxing, Zhejiang, China, bernama Xiao Wang (nama samaran). Ia mengaku menenggak minuman bersoda setiap hari selama 1 tahun lamanya. Sebagai akibatnya, giginya pun rusak.

Sebagaimana dilaporkan China Blue News pada Kamis (28/2/2024), perempuan muda tersebut mengunjungi dokter untuk memeriksakan giginya dan mengakui bahwa ia telah rutin mengonsumsi minuman bersoda selayaknya air putih.

Seperti diketahui, minuman bersoda mengandung banyak gula.

Perempuan yang masih berusia 22 tahun itu pun harus "mengorbankan" kesehatan giginya.

Dokter mengungkapkan bahwa dia menderita erosi gigi yang parah.

Baca juga: Setelah Mengemis, Perempuan Ini Kedapatan Beli Makanan di Restoran oleh Si Pemberi

Berdasarkan American Dental Association, erosi gigi adalah hilangnya zat kimiawi mineralisasi gigi yang disebabkan oleh paparan asam yang bukan berasal dari bakteri mulut.

Kerusakan pada giginya telah membuat kebiasaan makannya menjadi sulit karena tekanan minimal pada gigi akan berisiko gigi terlepas dari gusi.

Tentu saja, selalu ada cara untuk memperbaiki kerusakan tersebut, namun dalam kasus ini, perempuan China itu harus mengeluarkan biaya besar.

Ia mengaku, perlu menyiapkan biaya perawatan gigi sekitar 100.000 Yuan China (sekitar Rp 220 juta), belum termasuk pencabutan gigi dan implan.

Total biayanya yakni mencapai sekitatar 200.000 Yuan (sekitar Rp 440 juta).

Dokter juga menekankan bahwa konsumsi minuman berkarbonasi dan jus asam yang berlebihan dapat menyebabkan erosi asam dan merusak gigi secara serius.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com