Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Spanyol Ini Jadi yang Pertama Akan Nikahi Hologram AI

Kompas.com - 29/02/2024, 12:21 WIB
Albertus Adit

Penulis

MADRID, KOMPAS.com - Seorang seniman asal Spanyol, Alicia Framis, akan menikah dengan hologram artificial intelligence (AI).

Dikabarkan, Alica bakal menikahi pasangan holografiknya bernama AILex yang dilatih dari informasi profil pasangan romantisnya sebelumnya.

Sebagaimana diberitakan Business Insider pada Kamis (22/2/2024), upacara pernikahan yang tidak biasa ini bakal digelar di Museum Depot Boijmans Van Beuningen di Rotterdam, Belanda pada musim panas ini.

Baca juga: Perusahaan Teknologi Sepakat Perangi AI, Atasi Kecurangan Pemilu

Upacara tersebut akan menampilkan ritual unik untuk penyatuan antara manusia dan avatar, dan para tamu akan disuguhi makanan molekuler yang dapat dinikmati oleh manusia dan entitas humanoid.

Alicia, sang seniman dan pengantin merancang sendiri gaun dan juga pakaian untuk para tamu pernikahan.

Ia mengatakan pernikahan tersebut mewakili cinta generasi baru, di mana manusia akan menjalin hubungan dengan hologram, avatar, dan robot.

Meskipun pernikahan tampak seperti sebuah bentuk seni pertunjukan, ia mengatakan hal itu menimbulkan pertanyaan menarik tentang seperti apa hidup bersatu dengan pasangan holografik.

"Menarik sekali bagaimana kita bisa mendapatkan hipotek untuk membeli mobil baru, dan sekarang kita bisa memiliki hipotek untuk membeli pendamping baru," ujarnya dalam siaran pers.

Namun, banyak yang bertanya apakah Alicia bisa membuka rekening bersama dengan pasangannya dan jenis perlindungan asuransi apa yang mereka perlukan.

"Kecerdasan buatan sahabat dan manusia dapat menjadi pilihan bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan pendampingan. Hologram ini akan memenuhi semua kebutuhan saya," kata dia.

Berdasarkan siaran persnya, Alicia yang pernah memposting video dirinya memasak dan makan bersama AILex, sebelumnya pernah menjalin hubungan dengan seorang bernama Pierre.

Baca juga: Zuckerberg Temui PM Jepang Bahas Risiko AI Generatif

Ia mengklaim akan menjadi wanita pertama yang menikahi seorang hologram.

Sebelumnya, pada 2018, Business Insider melaporkan tentang seorang pria Jepang yang menikah dengan penyanyi realitas virtual. Namun tak satu pun dari keluarganya menghadiri upacara pernikahan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com