Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Malaysia Ada Juga Aksi Tanam Pohon Pisang di Jalan Rusak, Pemerintah Langsung Perbaiki

Kompas.com - 02/02/2024, 08:25 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Tak hanya di Indonesia, aksi tanam pohon pisang di jalan rusak ternyata terjadi juga di Malaysia.

Aksi itu dilakukan agar para pengendara bisa mengindari lubang, sekaligus untuk menarik perhatian pemerintah agar memperbaikinya.

Aksi yang baru-baru ini menjadi viral di Malaysia tersebut tepatnya terjadi di Negara Bagian Sabah.

Baca juga: Reaksi Rakyat Malaysia atas Penobatan Sultan Ibrahim Iskandar sebagai Raja Baru

Dilaporkan World of Buzz pada Rabu (31/1/2024), seorang pria Sabah akhirnya menanam pohon pisang di jalan yang rusak karena telah bosan dengan lamanya penanganan dari pemerintah.

Dalam sebuah unggahan viral di Facebook oleh Mahathir Aripin, pria tersebut mengaku telah menanam pohon pisang untuk menutupi lubang di jalan sebagai tindakan sementara.

Tanah segar juga dituangkan di sekitar area tersebut.

"Kalau (pohon pisang) sudah ada hasilnya atau berbuah, bisa untuk beli aspal sendri guna menutup lubang jalan. Kasian para pengguna jalan raya," katanya dalam postingannya.

Pemerintah lalu turun tangan setelah viral

Postingan tersebut dibagikan pada tanggal 29 Januari dan ternyata Departemen Pekerjaan Umum di Negara Bagian Sabah langsung merespons "peringatan" tersebut.

Dalam sebuah posting Facebook pada Selasa (30/1/2024), Departemen Pekerjaan Umum mengatakan, bahwa jalan yang berlubang itu telah diperbaiki setelah postingan Mahathir menjadi viral.

Baca juga: Malaysia Tangkap Pengemis WNI, Sebut Bisa Kantongi Rp 33 Juta Per Bulan

"Lubang itu telah ditambal pada hari yang sama. Kami berada di dekat area tersebut untuk melakukan pekerjaan pemeliharaan," tulis mereka.

Departemen itu juga mengingatkan masyarakat bahwa karena hujan terus menerus di daerah tersebut, pekerjaan penambalan akan terpengaruh.

Namun, dikatakan, Pemerintah akan melakukan yang terbaik untuk melakukan pekerjaan pemeliharaan demi kenyamanan para pengguna jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com