Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zelensky Mendapat Saingan Baru, Jenderal Top yang Gagal Dipecatnya

Kompas.com - 01/02/2024, 17:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

KYIV, KOMPAS.com - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menghadapi risiko setelah gagal membujuk Jenderal Valerii Zaluzhnyi untuk mengundurkan diri sebagai panglima tertinggi angkatan bersenjata Ukraina.

Beberapa politisi Ukraina mendesak rekonsiliasi antara kedua orang tersebut dan mengatakan bahwa hal itu masih mungkin terjadi, rumor mengenai pemecatan jenderal tersebut terus beredar di Kyiv.

Sementara Zelensky tidak diragukan lagi merupakan wajah Ukraina di luar negeri, Zaluzhnyi menyaingi popularitas presiden di dalam negeri.

Baca juga: Muncul Rumor Zelensky Minta Panglima Ukraina Mundur, Rusia Sebut Kyiv Terpecah

Wajahnya yang berbentuk persegi muncul di banyak poster dan meme internet di seluruh Ukraina, termasuk yang menunjukkan dia sedang menganiaya, dalam tanda kutip, Vladimir Putin di depan pengadilan internasional di Den Haag.

Popularitas saingan itulah yang menjadi inti dari krisis saat ini, kata anggota parlemen oposisi dan sekutu Zaluzhnyi, Oleksii Goncharenko.

"Ini tentang hubungan pribadi di antara mereka. Saya rasa ini bukan tentang pelaksanaan perang," kata Goncharenko. "Zelensky adalah seorang aktor, dan sepertinya dia ingin menjadi satu-satunya bintang dalam pertunjukan. Dan mereka berdua kelelahan secara emosional setelah dua tahun terakhir."

Zelensky mengangkat Zaluzhnyi sebagai kepala angkatan bersenjata Ukraina pada Juli 2021, ketika negara itu telah berjuang untuk mempertahankan provinsi-provinsi di timurnya dari perambahan Rusia selama tujuh tahun. Tetapi Putin mulai menyusun kekuatan invasi yang jauh lebih besar di seberang perbatasan.

Begitu menduduki jabatannya, Zaluzhnyi memiliki waktu tujuh bulan untuk mempersiapkan serangan dan mengejutkan dunia dengan mempertahankan Kyiv.

Dia menghancurkan sebagian besar pasukan penyerbu Rusia ketika mereka terhalang dalam perjalanan ke ibu kota, dan kemudian berjuang kembali untuk merebut kembali lebih dari setengah wilayah yang hilang.

Serangan balasan yang digembar-gemborkan untuk merebut kembali lebih banyak wilayah pada musim panas lalu gagal mencapai kemajuan yang diharapkan Kyiv dan para pendukungnya.

Baca juga: Zelensky: Berkurangnya Bantuan AS ke Ukraina Akan Jadi Pertanda Buruk

Zaluzhnyi mengakui bahwa perang telah menemui jalan buntu dan tanpa lompatan teknologi yang besar, kemungkinan besar tidak akan ada terobosan.

Wawancara ini membuat kantor presiden sedikit marah, tetapi tampaknya tidak mengurangi posisi Zaluzhnyi di antara rakyat Ukraina, menurut jajak pendapat.

Dalam hal ini, ia secara konsisten menjadi satu-satunya tokoh publik yang menyaingi Zelensky.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-701 Serangan Rusia ke Ukraina: Teka-teki Pesawat Rusia Jatuh | Zelensky Tuduh Rusia Jatuhkan Pesawat

Jenderal berusia 50 tahun ini dipandang sebagai perwujudan transformasi militer Ukraina dari kekokohan top-down era Soviet ke modernitas gaya Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com