Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-686 Serangan Rusia ke Ukraina: Dugaan Rudal Korut | Zelensky Tur Baltik

Kompas.com - 11/01/2024, 11:57 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP,

KOMPAS.com - Perang Rusia-Ukraina memasuki hari ke-686 pada Rabu (10/2/2024), ditandai dengan dugaan pasukan Moskwa menggunakan senjata dari Korea Utara.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melakukan tur ke tiga negara Baltik yaitu Lituania, Estonia, dan Latvia yang merupakan perjalanan resmi pertamanya ke luar negeri tahun ini.

Berikut adalah rangkuman perang Ukraina-Rusia terkini.

Baca juga: Akhir Riwayat Pilot Ukraina Berjuluk Blue Helmet, Patriot yang Korbankan Diri di Udara

1. Rusia disebut pakai senjata Korut

Puluhan negara termasuk Inggris dan Amerika Serikat (AS) pada Rabu (10/1/2024) mengecam dugaan Rusia menggunakan senjata dari Korea Utara untuk perang di Ukraina, yang menurut mereka melanggar sanksi PBB.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, dan para menlu dari 47 negara termasuk Argentina, Australia, Guatemala, Jepang, dan Korea Selatan membuat pernyataan bersama untuk mengecamnya.

Mereka mengeklaim, senjata tersebut digunakan Rusia dalam perang di Ukraina pada 30 Desember 2023 dan 2 Januari 2024.

Baca selengkapnya di sini.

2. Zelensky tur negara Baltik

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Rabu (10/1/2024) pagi waktu setempat tiba di ibu kota Lituania, tujuan pertama dari kunjungan mendadak ke negara-negara Baltik.

Ketiga negara Baltik yaitu Lituania, Estonia, dan Latvia---semuanya negara pecahan Uni Soviet dan anggota Uni Eropa (UE) serta NATO--adalah sekutu paling setia Ukraina.

“Estonia, Latvia, dan Lituania adalah teman terpercaya dan mitra berprinsip kami. Hari ini, saya tiba di Vilnius sebelum berangkat ke Tallinn dan Riga,” kata Zelensky di platform media sosial X, sebelumnya bernama Twitter.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Singgung Ukraina dan Gaza, Paus Fransiskus: Serangan ke Warga Sipil adalah Kejahatan Perang

3. Zelensky: Penundaan Bantuan Buat Rusia Makin Berani

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Rabu (10/1/2024) memperingatkan, penundaan bantuan Barat ke Kyiv akan membuat Rusia semakin berani.

Zelensky berada di ibu kota Lituania, Vilnius, dalam kunjungan mendadak ke salah satu sekutu paling setia Kyiv tersebut.

“Dia (Presiden Rusia Vladimir Putin) tidak akan berhenti,” katanya dalam konferensi pers bersama Presiden Lituania Gitanas Nauseda, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca selengkapnya di sini.

4. Rudal Rusia hantam hotel di Kharkiv

Serangan rudal Rusia menghantam hotel di Kota Kharkiv, Ukraina timur laut, Rabu (10/1/2024), membuat 11 orang luka-luka termasuk jurnalis.

Insiden ini terjadi menjelang dua tahun berjalannya perang Rusia-Ukraina. Baik Moskwa maupun Kyiv saling menuduh menyerang warga sipil.

"Dua rudal menghantam hotel di pusat Kota Kharkiv. Tidak ada personel militer di sana. Sebaliknya, ada 30 warga sipil, sebelas di antaranya terluka," kata Wali Kota Kharkiv Igor Terekhov di aplikasi perpesanan Telegram, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca selengkapnya di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com