Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misteri Suara Aneh di Teluk Florida Terpecahkan, Ternyata Suara Ikan Kawin...

Kompas.com - 24/01/2024, 21:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber UPI

TALLAHASSEE, KOMPAS.com - Seorang ilmuwan Florida mengatakan suara bass misterius yang dilaporkan oleh penduduk di daerah Tampa Bay mungkin berasal dari ikan yang sedang kawin.

Warga setempat melaporkan mendengar suara bernada rendah secara berkala sejak 2021, dan sejauh ini belum ditemukan jawaban konkret mengenai asal-usulnya.

Dilansir dari UPI, James Locascio, seorang ilmuwan senior dari Mote Marine Laboratory and Aquarium, mengatakan bahwa suara tersebut mungkin berasal dari ikan drum hitam di teluk tersebut.

Baca juga: Jutaan Ikan Sarden Terdampar di Filipina 2 Hari Sebelum Gempa M 6,7

Ia mengatakan bahwa ikan-ikan tersebut mengeluarkan suara berdenyut selama musim kawin ketika otot-otot bergetar pada kantung renang mereka.

Dia mengatakan bahwa suara tersebut dapat mencapai sejauh satu mil dari air.

"Ini adalah suara berfrekuensi rendah, sehingga mereka dapat bergerak lebih baik dan mencapai jarak yang lebih jauh, dan mereka melewati media yang berbeda dengan lebih efisien," kata Locascio kepada WTVT-TV, dilansir dari UPI.

Warga setempat, Sara Healy, yang sering mendengar suara tersebut, malam, mengatakan bahwa ia mendengarkan rekaman suara ikan drum hitam itu dan ia percaya bahwa hipotesis Locascio benar.

"Itulah yang saya dengar. Identik dalam nada dan ritme," kata Healy.

Healy kini berusaha mengumpulkan dana sebesar 2.500 dolar AS agar Locascio dapat memasang perekam akustik bawah air untuk memastikan apakah suara itu berasal dari ikan drum hitam.

Baca juga: Ilmuwan Uji Ikan Fukushima, Teliti Dampak Pelepasan Limbah Radioaktif

Locascio mengatakan bahwa peralatan tersebut dapat dipasang dalam hitungan hari jika target pendanaan tercapai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com