Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-693 Serangan Rusia ke Ukraina: Jatuhnya Pesawat A-50 | Prioritas 2024

Kompas.com - 18/01/2024, 08:34 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

KYIV, KOMPAS.com - Perang Rusia-Ukraina memasuki hari ke-693 pada Rabu (17/1/2024), ditandai dengan klaim jatuhnya pesawat mata-mata A-50 milik Rusia.

Sementara itu, Ukraina menyatakan prioritas penguasaan keamanan langit pada 2024.

Berikut adalah rangkuman perang Ukraina-Rusia terkini.

Baca juga: Akhir Riwayat Pilot Ukraina Berjuluk Blue Helmet, Patriot yang Korbankan Diri di Udara

1. Ukraina jatuhkan pesawat mata-mata A-50 Rusia

Militer Ukraina mengeklaim menembak jatuh pesawat mata-mata A-50 Rusia di atas Laut Azov. Menurut para analis, ini adalah pukulan telak bagi kekuatan udara pasukan Moskwa.

Panglima Angkatan Darat Ukraina Jenderal Valerii Zaluzhnyi mengatakan, pasukan Angkatan Udara menghancurkan pesawat pendeteksi radar jarak jauh A-50 dan sebuah pesawat pusat kendali Il-22.

Dikutip dari BBC, pesawat A-50 bertugas mendeteksi pertahanan udara dan mengoordinasikan target untuk jet-jet tempur Rusia.

Baca selengkapnya di sini.

2. Prioritas Ukraina 2024, kuasai langit

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba pada Rabu (17/1/2024) mengatakan, prioritas negaranya tahun ini adalah menguasai keamanan langit.

“Pada 2024, tentu saja prioritasnya adalah menyingkirkan Rusia dari langit. Karena siapa pun yang menguasai langit akan menentukan kapan dan bagaimana perang berakhir,” kata Kuleba dalam pidato di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, dikutip dari kantor berita AFP.

Kyiv sejak lama meminta negara-negara Barat mengirimkan jet tempur canggih untuk mendukung pasukannya di selatan dan timur Ukraina.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Rusia Sebut Pertemuan Perdamaian Ukraina Tak Akan Berhasil

3. Biden akan bahas bantuan Ukraina dengan Kongres AS

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengundang para pemimpin Kongres untuk membahas kelanjutan bantuan ke Ukraina di Gedung Putih pada Rabu (17/1/2024).

Bantuan militer Amerika ke Ukraina kian mengering karena Partai Republik memblokir dana 60 miliar dollar AS (Rp 938,47 triliun) yang diminta Biden, kecuali jika sang presiden memperketat UU Imigrasi AS.

Dana bantuan untuk Ukraina juga memicu perpecahan politik karena Kongres berusaha menghindari government shutdown (penghentian kegiatan pemerintah federal) terulang lagi pada Jumat (19/1/2024).

Baca selengkapnya di sini.

4. Ukraina jatuhkan 19 dari 20 drone Shahed Iran

Ukraina pada Rabu (17/1/2024) mengatakan, Angkatan Udara menjatuhkan 19 dari 20 drone rancangan Iran yang diterbangkan Rusia semalam.

Sebelumnya, pihak berwenang mengatakan bahwa 20 orang terluka dalam serangan Rusia di Kota Kharkiv di Ukraina timur dan di Odessa dekat Laut Hitam.

Jumlah korban sipil di Ukraina meningkat tajam sejak Desember 2023 ketika Rusia mengintensifkan serangan udara, berbanding terbalik dengan penurunan saat awal 2023.

Baca selengkapnya di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com