Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-690 Serangan Rusia ke Ukraina: Diskusi 83 Negara | Menlu Korut Akan Temui Lavrov

Kompas.com - 15/01/2024, 13:21 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

DAVOS, KOMPAS.com - Perang Rusia-Ukraina memasuki hari ke-690 pada Minggu (14/1/2024), ditandai dengan pertemuan para penasihat keamanan dari 83 negara untuk membahas formula perdamaian.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son Hui akan mengunjungi Rusia untuk memenuhi undangan Menlu Sergei Lavrov.

Dikutip dari kantor berita AFP, berikut adalah rangkuman perang Ukraina-Rusia terkini.

Baca juga: 40 Rudal Rusia Serang Ukraina, Wanita 71 Tahun Ditemukan di Reruntuhan Gedung

1. 83 negara bahas formula perdamaian Ukraina

Sebanyak 83 negara mengadakan pembicaraan untuk membahas formula perdamaian Ukraina pada Minggu (14/2/2024) di Kota Davos, Swiss.

Menurut Swiss yang menjadi tuan rumah, melibatkan Rusia dalam perundingan ini masih jauh dari kenyataan.

Para penasihat keamanan nasional dari 83 negara melakukan diskusi putaran keempat berdasarkan sepuluh poin usulan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky terkait perdamaian abadi dan adil di Ukraina.

Baca selengkapnya di sini.

2. Zelensky ke Swiss, pastikan dukungan sekutu tetap stabil

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky akan mengunjungi Swiss pada Senin (15/1/2024), kata kantornya pada Minggu (14/1/2024).

Ukraina terus berupaya memastikan dukungan para sekutu tetap stabil ketika perang melawan Rusia berjalan hampir dua tahun.

“Presiden Zelensky akan memulai kunjungannya ke Konfederasi Swiss pada 15 Januari,” kata kantor kepresidenan Ukraina, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Akhir Riwayat Pilot Ukraina Berjuluk Blue Helmet, Patriot yang Korbankan Diri di Udara

3. Menteri Luar Negeri Korea Utara akan ke Rusia

Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son Hui akan mengunjungi Rusia pekan ini, kata media Pemerintah Korut KCNA pada Minggu (14/1/2024).

Rusia dan Korea Utara adalah dua negara bersekutu secara tradisional. Keduanya belakangan ini meningkatkan hubungan baru.

Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un pada September 2023 menyambangi Rusia untuk menemui Presiden Vladimir Putin, kemudian para pejabat tinggi Rusia termasuk menteri pertahanan dan menlu bergantian melawat ke Korut.

Baca selengkapnya di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com