Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari ke-646 Serangan Rusia ke Ukraina: Zelensky Percepat Pembangunan Benteng di Timur | Hongaria Tak Dukung Ukraina Masuk Uni Eropa

Kompas.com - 02/12/2023, 10:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

KYIV, KOMPAS.com - Presiden Volodymyr Zelensky menyerukan pembangunan benteng yang lebih cepat di sektor-sektor utama yang berada di bawah tekanan pasukan Rusia.

Hal itu jadi salah satu poin penting dalam rangkuman hari ke-646 serangan Rusia ke Ukraina Jumat (1/12/2023).

Dilansir dari Guardian, berikut daftar selengkapnya.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-645 Serangan Rusia ke Ukraina: 5 Pejabat Tinggi Rusia Tewas dalam Serbuan | Rusia Gandakan Gempuran Udara dan Darat#

- Presid##en Volodymyr Zelensky menyerukan pembangunan benteng yang lebih cepat di sektor-sektor utama yang berada di bawah tekanan pasukan Rusia, terutama di Ukraina timur, yang menjadi titik fokus kemajuan Moskwa, 21 bulan setelah invasinya.

- Hongaria tidak akan mendukung proposal Uni Eropa untuk memulai pembicaraan untuk membuat Ukraina menjadi anggota blok tersebut, kata seorang menteri pemerintah.

- Dinas Keamanan Ukraina (SBU) meledakkan bahan peledak di sebuah jalur kereta api di Siberia yang digunakan Rusia untuk suplai militer, sebuah sumber Ukraina mengatakan kepada Reuters.

- Di bagian timur dan selatan Ukraina, enam orang tewas dalam serentetan serangan Rusia, dan tiga orang lainnya masih hilang, kata para pejabat setempat. Di wilayah Kherson, pihak berwenang mengatakan penembakan Rusia telah menewaskan tiga orang di desa Sadove.

- AS telah bekerja sama dengan Ukraina untuk mempersiapkan diri menghadapi serangan musim dingin yang diperkirakan akan dilakukan Rusia, termasuk membantu menyediakan peralatan dan pasokan untuk menjaga agar masyarakat tidak kehilangan panas dan listrik, kata juru bicara keamanan nasional Gedung Putih, John Kirby.

- Komisioner hak asasi manusia Ukraina menuduh Rusia menolak untuk menyetujui pertukaran tawanan perang yang baru setelah tiga bulan tidak ada pertukaran yang dilaporkan.

- Negara-negara Uni Eropa sedang menggali bagian dari usulan sanksi terbaru Komisi Eropa terhadap Rusia, yaitu apa yang disebut klausul tidak ada Rusia, batas keuangan pembalasan dan memberlakukan sanksi terhadap barang-barang untuk penggunaan pribadi.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-644 Serangan Rusia ke Ukraina: Restu Turkiye untuk Swedia | Avdiivka Diberondong 1.000 Peluru

- Zelensky mengadakan pembicaraan telepon dengan tiga pemimpin Eropa; kanselir Jerman Olaf Scholz, perdana menteri Inggris Rishi Sunak dan perdana menteri Bulgaria Nikolay Denkov.

- Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan dalam sebuah pertemuan Organisasi Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE) bahwa Barat telah membunuh peluang untuk menghidupkan kembali pengelompokan yang menurutnya berada di ambang kehancuran.

Baca juga: Rusia Tingkatkan Serangan ke Avdiivka Ukraina, Tembakkan 1.000 Peluru

- Uni Eropa harus mempertimbangkan kebutuhan militer Ukraina karena hal ini menentukan strategi masa depan industri pertahanan Eropa, kata Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com