Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terowongan yang Sedang Dibangun Runtuh, 40 Pekerja India Terjebak

Kompas.com - 12/11/2023, 16:54 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

DEHRADUN, KOMPAS.com - Sedikitnya 40 pekerja konstruksi terjebak setelah terowongan jalan yang sedang mereka bangun runtuh di India utara pada Minggu (12/11/2023).

Runtuhnya terowongan tersebut tepatnya terjadi pada Minggu pagi di negara bagian Uttarakhand, Himalaya, ketika sekelompok pekerja sedang keluar dan pekerja pengganti sedang masuk.

"Sekitar 200 meter (218 meter) dari terowongan telah runtuh," kata Durgesh Rathodi, seorang pejabat tanggap bencana negara bagian Uttarakhand, kepada AFP dari lokasi kejadian.

Baca juga: Wartawan India Jadi Sasaran Mata-mata Perusahaan Spyware Israel

"Sekitar 40 sampai 41 pekerja terjebak di dalamnya. Oksigen disuplai melalui puing-puing, tetapi lebih banyak reruntuhan yang turun ketika tim penyelamat mencoba untuk menghilangkan penghalang," tambahnya.

Terowongan sepanjang 4,5 kilometer ini sedang dibangun antara Silkyara dan Dandalgaon untuk menghubungkan dua kuil Hindu tersuci, yaitu Uttarkashi dan Yamnotri.

Foto-foto yang dirilis oleh tim penyelamat pemerintah menunjukkan tumpukan besar beton yang menghalangi terowongan yang lebar, dengan batang-batang besi yang bengkok pada atapnya yang rusak menjulur ke bawah di depan reruntuhan.

"Berdoalah kepada Tuhan agar para pekerja yang terjebak di dalam terowongan dapat dikeluarkan dengan selamat," tulis Menteri Utama Uttarakhand, Pushkar Singh Dhami, di platform media sosial X.

Kecelakaan di lokasi konstruksi infrastruktur besar terbilang sering terjadi di India.

Baca juga: Kabut Asap Tebal Selimuti Ibu Kota India, Sekolah-sekolah Ditutup

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com