Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyiar Radio Filipina Ditembak hingga Tewas Saat Siaran Langsung

Kompas.com - 07/11/2023, 15:15 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

MANILA, KOMPAS.com - Seorang pembawa berita radio di Filipina selatan ditembak mati di studionya dalam serangan yang tidak disengaja dan disaksikan oleh orang-orang yang menonton program tersebut secara langsung di Facebook.

Pria bersenjata itu berhasil masuk ke stasiun radio Juan Jumalon, seorang penyiar berita provinsi yang dikenal juga sebagai DJ Johnny Walker, dengan berpura-pura menjadi pendengar.

Dia kemudian menembaknya dua kali selama siaran langsung pagi hari di kota Calamba di provinsi Misamis Occidental, kata polisi.

Baca juga: Reporter AS Lamar Penyiar Berita di Siaran Langsung TV

Dilansir dari Guardian, penyerang merampas kalung emas korban sebelum melarikan diri dengan sepeda motor bersama temannya yang telah menunggu di luar, kata polisi.

Investigasi sedang dilakukan untuk mengidentifikasi pria bersenjata tersebut dan memastikan apakah serangan itu terkait dengan pekerjaan.

Filipina telah lama dianggap sebagai salah satu tempat paling berbahaya di dunia bagi jurnalis.

Presiden Ferdinand Marcos Jr mengutuk keras penembakan tersebut dan mengatakan bahwa dia telah memerintahkan kepolisian nasional untuk melacak, menangkap dan mengadili para pembunuhnya.

“Serangan terhadap jurnalis tidak akan ditoleransi dalam demokrasi kita dan mereka yang mengancam kebebasan pers akan menghadapi konsekuensi penuh atas tindakan mereka,” kata Marcos.

Persatuan Jurnalis Nasional Filipina, sebuah badan pengawas kebebasan pers, mengatakan bahwa Jumalon adalah jurnalis ke-199 yang dibunuh di negara tersebut sejak tahun 1986.

“Serangan ini bahkan lebih terkutuk karena terjadi di rumah Jumalon sendiri, yang juga berfungsi sebagai stasiun radio,” kata pengawas tersebut.

Baca juga: Penyiar Radio Australia Siaran 55 Jam Nonstop Tanpa Iklan

Sebuah video penyerangan menunjukkan Jumalon, 57, berhenti sejenak dan melihat ke atas pada sesuatu yang jauh dari kamera sebelum dua tembakan terdengar.

Dia merosot kembali ke kursinya saat musik latar diputar. Dia dinyatakan meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

Baca juga: Pangeran Harry Tuduh Penyiar Inggris Gali Informasi Ilegal Putri Diana

Penyerang tidak terlihat di siaran langsung Facebook dan polisi mengatakan mereka sedang memeriksa apakah kamera keamanan yang dipasang di rumah dan di properti tetangganya merekam sesuatu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com