Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Jepang Tahan Pria 86 Tahun yang Sandera Orang di Kantor Pos

Kompas.com - 01/11/2023, 13:22 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WARABI, KOMPAS.com - Polisi Jepang pada Selasa (31/10/2023) menahan pria berusia 86 tahun yang menyandera beberapa orang di kantor pos.

Pria lansia tersebut diduga juga terkait dengan penembakan di rumah sakit sebelumnya yang melukai dua orang.

Setelah negosiasi buntu selama delapan jam di kantor pos Warabi, luar Tokyo, polisi menahan pria tersebut selepas pukul 22.00 waktu setempat setelah mengepung gedung tiga lantai itu.

Baca juga: Pria Bersenjata Sandera Sejumlah Orang di Kantor Pos Jepang

"Pria itu sudah ditahan. Rinciannya akan disampaikan nanti," kata juru bicara Kepolisian Prefektur Saitama di luar Tokyo kepada wartawan AFP.

Stasiun tv NHK menyebut pria itu bernama Tsuneo Suzuki (86), sedangkan harian Asahi Shimbun melaporkan bahwa polisi mengepung gedung, menahan pria tersebut, dan menyita senjatanya.

Namun, sejauh ini motifnya belum diketahui.

Polisi yakin dia orang yang sama dengan penembakan di rumah sakit dekat kantor pos pada hari sebelumnya yang melukai dua orang, kemudian kabur naik sepeda motor.

Menurut laporan media-media, kebakaran mencurigakan di sebuah blok apartemen mungkin juga ada kaitannya.

Pemerintah Kota Warabi mengatakan, pria itu bersembunyi di kantor pos sekitar pukul 14.15 dengan membawa suatu benda yang tampaknya senjata api.

Ketika polisi bernegosiasi dengan pria tersebut, tayangan televisi menunjukkan perempuan berusia 20-an tahun yang diyakini sebagai sandera keluar dari kantor pos sesaat sebelum pukul 19.30.

"Lingkungan di sini tenang. Saya tidak percaya hal seperti ini terjadi," kata warga bernama Tetsuo Sasaki (70) kepada AFP.

“Saya baru saja ke kantor pos itu kemarin,” kata istrinya, Reiko Sasaki (64). “Saya bisa saja ada di tempat dan waktu yang salah. Saya bisa saja jadi sasarannya.”

Baca juga:

Tindak kekerasan jarang terjadi di Jepang, sebagian karena peraturan ketat mengenai kepemilikan senjata.

Jepang adalah salah satu negara dengan tingkat pembunuhan terendah di dunia.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir tingkat kejahatan termasuk serangan bersenjata menjadi berita besar di Jepang, terutama pembunuhan mantan Perdana Menteri Shinzo Abe pada Juli 2022.

Baca juga: Tak Diduga, Awan di Sekitar Gunung Fuji Jepang Mengandung Mikroplastik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com