Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alunan Angklung Ramaikan Suasana Resepsi Diplomatik di Melbourne

Kompas.com - 19/10/2023, 21:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

MELBOURNE, KOMPAS.com - Diaspora Indonesia di Melbourne yang tergabung dalam Mojang Angklung Melbourne memeriahkan acara Resepsi Diplomatik dengan memainkan lagu "Kopi Dangdut" pada Rabu (18/10/2023).

Upaya Mojang Angklung Melbourne untuk memperkenalkan alat musik tradisional ini menarik perhatian, khususnya saat mereka membagikan angklung dan mengajak seluruh tamu memainkan lagu I Have a Dream.

Ajakan itu disambut antusias, terutama oleh perwakilan Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT) Australia Kantor Victoria dan Global Victoria, yang tampak berpartisipasi dalam sesi interaktif itu dengan gembira.

Baca juga: St. Mary College Australia Selami Kekayaan Budaya Indonesia Bersama KJRI Sydney

Dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, cara Resepsi Diplomatik yang diselenggarakan KJRI Melbourne di Hotel Pullman Albert Park tersebut sengaja menghadirkan kelompok ibu-ibu Mojang Angklung Melbourne.

Tujuannya untuk menunjukkan kepada masyarakat internasional bagaimana diaspora Indonesia yang sudah lama tinggal di Melbourne merayakan kebudayaanya dan tetap mencintai Indonesia.

Hal ini tentunya sesuai tujuan acara resepsi diplomatik yang diselenggarakan sebagai puncak perayaan HUT RI ke-78 di Melbourne.

"Kami dari pihak Monash University sangat merasa senang bisa merayakan peristiwa yang penting ini, acara ini sangat hebat, apalagi bermain angklung saya senang sekali, suara angklung itu bagus dan enak didengar," tutur Sharyn Davies dan Julian Millie, dua professor dari Monash University.

Resepsi Diplomatik dihadiri oleh sekitar 100 tamu undangan yang sebagian besar merupakan para Konsul Jenderal dan Konsul Kehormatan negara asing yang bertugas di Melbourne.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan hubungan kerja sama antara Indonesia dengan negara bagian Victoria dan tentunya kerja sama kita tidak akan hanya berhenti pada hubungan bilateral, tetapi juga dalam konteks yang lebih luas, seperti dalam ASEAN," kata Konsul Jenderal RI di Melbourne, Kuncoro Waseso dalam sambutannya.

Baca juga: KJRI Melbourne Jadi Tuan Rumah ASEAN Day 2023

Dalam agenda itu, KJRI Melbourne juga mengambil kesempatan untuk mempromosikan musik tradisional lainnya kepada para tamu undangan.

Lagu-lagu petikan Sape, alat musik tradisional dari Kalimantan, sengaja diputar untuk mengisi suasana acara saat ramah tamah.

Baca juga: Bintang Liverpool Mohamed Salah Serukan Diakhirinya Kekerasan di Gaza

Resepsi diplomatik berjalan dengan lancar dan diharapkan dapat memperkuat upaya peningkatan kerja sama yang baik dengan Australia khususnya Victoria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com