Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meksiko Klaim AS Tak Ingin Bangun Bagian Baru Tembok Perbatasan

Kompas.com - 07/10/2023, 08:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Pemerintah AS tidak ingin membangun bagian baru dari tembok perbatasannya dengan Meksiko, kata Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador pada Jumat (5/10/2023).

Dia menyatakan keraguan bahwa pembangunan yang direncanakan itu akan terlaksana.

"Ini murni publisitas," kata Lopez Obrador dalam konferensi pers pagi hari, setelah pemerintahan Biden mengumumkan akan membangun bagian tambahan dari tembok perbatasan, meneruskan kebijakan yang menjadi ciri khas pemerintahan Trump.

Baca juga: 10.000 Migran Serbu Perbatasan AS-Meksiko Setiap Harinya

Dilansir dari Reuters, delegasi pejabat tinggi AS sebelumnya bertemu dengan rekan-rekan mereka dari Meksiko, di antaranya Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

"Mereka tidak ingin (membangun lebih banyak bagian tembok), itulah yang mereka katakan kepada kami," kata Lopez Obrador.

Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa dana yang dialokasikan untuk pembangunan tersebut dialokasikan Kongres dan dia tidak dapat, secara hukum, mengalihkan uang tersebut.

Biden, saat mulai menjabat pada 2021, berjanji bahwa tidak akan ada lagi uang pembayar pajak Amerika yang dialihkan untuk membangun tembok perbatasan.

Presiden Meksiko menambahkan bahwa dalam pertemuan sehari sebelumnya, delegasi Meksiko menyatakan bahwa Meksiko tidak percaya pembangunan tembok perbatasan tambahan menjadi jawaban atas masalah migrasi.

Baca juga: Para Migran Diperkosa di Perbatasan Meksiko Saat Menunggu Masuk ke AS

"Kami selalu berbicara tentang cara menangani akar masalahnya," kata Lopez Obrador.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com