Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ride for Indonesia Galang Dana bagi Anak Yatim dan Duafa dengan Bersepeda Lintasi 4 Negara Eropa

Kompas.com - 19/09/2023, 23:08 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Sebanyak enam pesepeda yang tergabung dalam Ride for Indonesia akan menjalani kegiatan amal dengan gowes dari London, Inggris, ke Amsterdam, Belanda, pada 22 hingga 25 September 2023.

Kegiatan amal charity ride ini ditujukan untuk menggalang dana bagi anak-anak yatim dan kurang mampu di Indonesia.

Mereka yang akan melakoni rute di Inggris, Perancis, Belgia, dan Belanda tersebut adalah Pluto Gasanova, Eastman Rivai, L Wahyuhansudi, Muhammad Y Helmy, Dimas Ferdiansyah, dan Ferdi Endinanda.

Baca juga: Cerita WNI Hobi Thrifting di Australia: Di Sini Kebanyakan untuk Amal

“Ada banyak cara untuk menggalang dana kemanusiaan. Kebetulan kami senang bersepeda maka muncullah gagasan untuk bersepeda sambil galang dana,” ungkap Nova, panggilan akrab Gasanova, dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com.

“London kami pilih sebagai titik awal karena kebetulan para pesepeda tinggal di London, sementara Amsterdam ditetapkan sebagai titik akhir karena kota ini dikenal ‘ibu kota’ sepeda di Eropa,” kata Nova.

Kegiatan charity ride ini adalah kolaborasi antara Ride for Indonesia, lembaga bantuan kemanusiaan di Inggris, Human Aid Initiative (HAI), dan didukung Telkom Indonesia, Bank Mandiri, bike to work, dan Perhimpunan Pelajar Indonesia London.

Direktur HAI, Nurani Susilo, mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan ini karena masih banyak anak-anak di Indonesia yang memerlukan bantuan, terutama untuk mengakses pendidikan dan layanan kesehatan.

HAI memiliki program Sponsor A Child, yang mendorong donatur menyumbangkan dana bulanan untuk anak-anak yatim dan kurang mampu di Indonesia.

“Saat ini ada sekitar 100 anak yang sudah mendapatkan bantuan di bawah skema Sponsor a Child dan 300 anak yang masuk daftar tunggu dan mereka ini menantikan uluran tangan para donatur,” kata Nurani.

Donasi yang diperuntukkan untuk satu anak dalam program Sponsor a Child adalah £300 per tahun. “Dana ini untuk membiayai kebutuhan makanan, akses pendidikan, akses kesehatan, dan kegiatan after school club,” kata Nurani.

Baca juga: Hanya dalam 9 Hari, Arab Saudi Berhasil Kumpulkan Amal Ramadhan Rp6,8 Triliun untuk Orang Susah

Eastman Rivai, salah satu pesepeda, menjelaskan rute yang akan dilakoni adalah London ke Calais di Perancis, kemudian ke Bruges dan Breda di Belgia.

“Dari Breda para pesepeda melanjutkan perjalanan menuju titik akhir, Amsterdam di Belanda,” kata Eastman.

Salah satu pegiat Ride for Indonesia (RFI), Wahyu Hansudi, mengatakan London-Amsterdam adalah kelanjutan dari berbagai kegiatan RFI yang dimulai saat pandemi Covid lalu.

“Kami pernah bersepeda dari London ke Oxford, Cambridge, Brighton, dan kawasan di pantai selatan Inggris,” kata Wahyu.

Kegiatan charity ride ini berhasil mengumpulkan dana ratusan juta rupiah yang diperuntukkan bagi warga di Indonesia yang terdampak pandemi.

“Kami sudah punya rencana untuk melanjutkan rute London-Amsterdam. Mungkin kami akan merambah kota-kota lain di Eropa daratan,” ujar Wahyu.

Selain terlibat kegiatan amal, di antara para sepeda pernah juga ambil bagian dalam event kompetitif di Indonesia, Singapura, dan Skotlandia.

“Saya tentu senang mendapat kesempatan untuk bersepeda dari London ke Amsterdam ini. Harapannya, akan ada lebih banyak anak-anak di Indonesia yang mendapatkan manfaat dari kegiatan kami,” pungkas Nova.

Link donasi :
https://solusipeduli.org/campaign/rfi/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com