Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya dalam 9 Hari, Arab Saudi Berhasil Kumpulkan Amal Ramadhan Rp6,8 Triliun untuk Orang Susah

Kompas.com - 18/04/2022, 18:02 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Arab News

RIYADH, KOMPAS.com - Kampanye nasional Arab Saudi untuk pekerjaan amal telah menerima donasi lebih dari 1,8 miliar riyal Saudi (sekitar 480 juta dollar AS/Rp6,8 triliun) pada hari kesembilan peluncurannya.

Kampanye ini diresmikan dengan sumbangan 30 juta riyal Saudi dari Raja Salman dan sumbangan 20 juta dollar AS dari Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Dilansir dari Arab News, kampanye ini dijalankan melalui platform Ehsan yang dikembangkan oleh Otoritas Data dan Kecerdasan Buatan Arab Saudi untuk mempromosikan pemberian amal di negara tersebut.

Baca juga: Arab Saudi Imbau Imam Masjid Hindari Doa Panjang dalam Shalat Tahajud

Sejauh ini, kampanye amal Ramadhan 2022 telah berhasil mengumpulkan 1.841.137.724 riyal Saudi untuk orang-orang yang menghadapi kesulitan keuangan, termasuk anak yatim, orang sakit, dan orang tua.

Selama kampanye Ramadhan pertama tahun lalu, Raja dan Putra Mahkota Kerajaan memberikan banyak sumbangan melalui Ehsan yang mendorong total dana platform melewati angka 1 miliar riyal Saudi.

Diluncurkan pada 2021, Ehsan bertujuan untuk mempromosikan nilai-nilai kegiatan amal di masyarakat Saudi dan mengembangkan sektor nirlaba negara dengan meningkatkan efisiensi dan keandalannya.

Selain itu, Ehsan diadakan untuk mendorong donasi melalui transparansi kegiatan amal dan pembangunan, serta bekerja dengan berbagai lembaga dan sektor pemerintah.

Platform Ehsan telah dikembangkan agar mudah diakses oleh orang-orang yang tinggal di Kerajaan dengan memungkinkan mereka menyumbang untuk berbagai tujuan, seperti memberikan keranjang makanan kepada keluarga lain, memberikan perawatan untuk orang tua, membantu pasien medis, menutupi biaya pendidikan maupun mencukupi perlengkapan anak yatim, serta untuk mengikuti kemajuan kontribusi mereka dengan cara yang aman secara digital.

Baca juga: Profil Pemimpin Dunia: Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud

Ehsan dipantau oleh komite dari 11 lembaga pemerintah dan komite Syariah Arab Saudi yang diketuai oleh Syekh Abdullah Al-Mutlaq.

Platform Ehsan menerima donasi dari individu, perusahaan, dan bank melalui situs web dan aplikasi platform https://ehsan.sa dan call center dermawan 8001247000, serta melalui SMS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com