Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Indikasi Penipuan dalam Temuan Alien di Meksiko

Kompas.com - 16/09/2023, 19:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Bagi Jaime Maussan, seorang jurnalis Meksiko dan penggemar UFO sejak lama, UFO merupakan salah satu penemuan terpenting dalam sejarah umat manusia.

Namun, bagi banyak ilmuwan, dua mumi kecil dengan kepala memanjang dan tiga jari di masing-masing tangan, yang gambarnya disebarluaskan ke seluruh dunia minggu ini ketika dipresentasikan di Kongres Meksiko, merupakan sebuah hal yang mungkin, menjurus kriminal.

Di kantor Maussan, di distrik bisnis Santa Fe, Mexico City, para staf dengan hati-hati membawa dua kotak tertutup dengan tutup kaca yang berisi mayat-mayat tersebut ke dalam studio dengan layar hijau, di mana Reuters mendapatkan akses eksklusif.

Baca juga: NASA Tegaskan Tak Ada Tanda-tanda Alien yang Bisa Diidentifikasi

Semua orang berkerumun untuk melihat lebih jelas. Jasad-jasad itu tampak kuno dan memiliki ciri-ciri yang sama dengan manusia: dua mata, mulut, dua tangan, dan dua kaki.

Maussan mengklaim bahwa mereka ditemukan sekitar tahun 2017 di Peru, dekat Garis Nazca pra-Kolombia.

Dia mengaku dapat membuktikan bahwa mereka tidak seperti apa pun yang dikenal di Bumi. Di media sosial dan dalam persidangan, dia membagikan analisis ilmiah dan hasil studi yang menurutnya membuktikan bahwa jasad-jasad itu berusia sekitar 1.000 tahun dan tidak terkait dengan spesies yang dikenal di Bumi.

Salah satu dari mereka, yang digambarkan oleh Maussan sebagai perempuan, ditemukan memiliki telur di dalamnya, katanya.

"Ini adalah hal terpenting yang pernah terjadi pada umat manusia," kata Maussan, 70 tahun, tentang perjuangannya untuk menyuarakan temuan ini, sambil duduk di kantornya yang dihiasi dengan karya seni dan perlengkapan bertema alien yang berwarna-warni.

"Saya percaya bahwa fenomena ini adalah satu-satunya fenomena yang memberi kita kesempatan untuk bersatu," tambahnya.

Elsa Tomasto-Cagigao, seorang ahli bio-antropologi Peru yang dihormati, merasa frustrasi karena klaim-klaim semacam itu masih saja dipublikasikan, dengan mengutip dugaan penemuan serupa yang ternyata merupakan penipuan.

Baca juga: Misteri Penampakan Alien yang Dipaparkan di Parlemen Meksiko

"Apa yang kami katakan sebelumnya masih berlaku, mereka menyajikan pengulangan yang sama seperti biasanya dan jika ada orang yang tetap mempercayai hal itu, apa yang bisa kami lakukan?" katanya melalui telepon. "Ini sangat kasar dan sederhana sehingga tidak ada lagi yang bisa ditambahkan."

Penemuan-penemuan semacam itu sebelumnya telah dianggap oleh komunitas ilmiah sebagai mumi anak-anak pra-Hispanik yang dimutilasi, terkadang dikombinasikan dengan potongan-potongan bagian tubuh hewan.

David Spergel, mantan kepala departemen astrofisika Universitas Princeton dan ketua laporan NASA tentang fenomena anomali tak dikenal, mengatakan pada hari Kamis bahwa sampel semacam itu harus disediakan untuk pengujian oleh komunitas ilmiah dunia.

Maussan berbagi di media sosial dan dalam presentasinya hasil tes DNA dan penanggalan karbon yang ia katakan telah dilakukan terhadap makhluk-makhluk itu.

Seorang ilmuwan Meksiko, atas permintaan Reuters, mengkaji hasil tes tersebut dan menyimpulkan bahwa hasil tes itu mengindikasikan adanya kehidupan normal di Bumi.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com