Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Kunjungi Pabrik Pesawat Tempur Rusia

Kompas.com - 15/09/2023, 10:23 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengunjungi sebuah pabrik aeronautika militer maupun sipil di Timur Jauh Rusia pada Jumat (15/9/2023).

Dua hari setelah bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di sebuah bandar antariksa, kereta anti-peluru yang ditumpangi Kim Jong Un dilaporkan telah tiba di Kota Komsomolsk-on-Amur.

Kunjungan Kim sendiri diketahui dilakukan di tengah spekulasi bahwa kedua negara akan menyepakati kesepakatan senjata.

Baca juga: Kim Jong Un Mengundang Putin ke Korea Utara

Kim Jong Un berada di kota yang merupakan pusat industri penting di Rusia tersebut untuk mengunjungi sebuah perusahaan penerbangan yang memproduksi peralatan militer dan sipil.

Kantor berita RIA Novosti mempublikasikan cuplikan video ketika kereta Kim Jong Un tiba di Kota Komsomolsk-on-Amur, dengan karpet merah yang dibentangkan untuk menyambutnya.

Kantor berita Interfax, melaporkan pemimpin Korea Utara itu disambut dengan bunga, musik, kelompok tari dan roti.

Kim, yang jarang meninggalkan negaranya, mengadakan pembicaraan dengan Putin di kosmodrom Vostochny pada Rabu (13/9/2023).

Putin sebelumnya juga telah mengatakan di televisi pada Rabu bahwa Kim akan mengunjungi pabrik-pabrik di mana peralatan penerbangan sipil dan tempur diproduksi di Komsomolsk-on-Amur.

Kunjungan Kim ke wilayah timur jauh Rusia dilakukan ketika para pejabat dan pakar AS mengatakan Moskwa tertarik untuk membeli amunisi Korea Utara untuk digunakan dalam konflik di Ukraina.

Jika benar-benar terjadi, itu adalah sebuah kesepakatan senjata yang akan menentang sanksi global.

"Kunjungan Kim Jong Un akan berlangsung beberapa hari lagi," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada Kamis (14/9/2023), tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Baca juga: Putin Terima Undangan Kim Jong Un untuk Kunjungi Korea Utara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com