Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putra Aung San Suu Kyi Ungkap Kondisi Kesehatan Ibunya: Menderita Penyakit Gusi Serius

Kompas.com - 08/09/2023, 13:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

NAYPYIDAW, KOMPAS.com - Hidup Aung San Suu Kyi mungkin dalam bahaya, karena dia menderita penyakit gusi yang serius sehingga dia kesulitan untuk makan setelah lebih dari dua tahun dipenjara.

Hal ini diperingatkan oleh putranya, yang mengaku tidak punya kesempatan membantunya.

Pemimpin Myanmar yang digulingkan, yang kini berusia 78 tahun itu, belum diizinkan untuk menemui dokter meskipun ia pernah tidak dapat berjalan, menderita muntah-muntah dan pusing, dan mungkin memiliki masalah dengan gigi bungsunya, kata Kim Aris, putranya.

Baca juga: Junta Myanmar Potong 6 Tahun Hukuman Penjara untuk Aung San Suu Kyi

"Tidak ada seorang pun di luar penjara yang pernah menjenguknya untuk waktu yang lama. Sekarang, karena tidak bisa makan, nyawanya terancam. Mengingat berapa banyak orang yang kehilangan nyawa mereka di penjara di Burma, hal ini sangat memprihatinkan," katanya kepada Guardian dalam sebuah wawancara dari rumahnya di Inggris, menggunakan nama lama Myanmar.

Sebagai tanda betapa seriusnya kondisinya, Aris memahami bahwa para petugas di penjara Insein di Yangon, yang terkenal dengan perlakuan brutal terhadap para tahanan politik, meminta perawatan medis. Otoritas militer pun menolak.

"Permintaan untuk perawatan medis yang mendesak oleh otoritas penjara sendiri telah ditolak oleh pihak militer, lebih jauh lagi," katanya.

"Dari apa yang saya dengar, dia tidak bisa makan karena penyakit gusi dan mungkin memiliki masalah gigi bungsu, dan pernah tidak bisa berjalan. Mengingat usianya, hal ini ditambah dengan muntah dan pusing, memberikan alasan untuk kekhawatiran serius tentang kesehatannya secara keseluruhan," tambahnya.

Aris, yang saat remaja mengumpulkan hadiah Nobel perdamaian untuk ibunya yang dipenjara, belum dapat menghubunginya dengan cara apa pun sejak ia ditahan oleh militer pada Februari 2021, ketika militer menggulingkan pemerintah yang terpilih secara demokratis.

Aung San Suu Kyi telah menghabiskan hampir dua dekade di bawah penahanan sejak tahun 1989, tetapi selama periode penahanan sebelumnya, Aris mengatakan bahwa ia diizinkan untuk berkomunikasi dengannya dan terkadang mengunjunginya.

Baca juga: Aung San Suu Kyi Diampuni dalam 5 Kasus Pidana

"Tidak melakukan kontak apapun selama dua setengah tahun terakhir sangatlah sulit," katanya. "Saya merasa tidak berdaya."

Sebelum tahun 2010, selama masa penahanannya yang paling lama, pimpinan militer "sebenarnya mengizinkan saya untuk pergi dan menghabiskan waktu bersamanya", katanya.

"(Mereka) mengizinkan kami untuk mengirim paket perawatan dan surat, tetapi selama dua setengah tahun terakhir kami tidak mendapatkan hak asasi manusia yang mendasar," tambahnya.

Dia hanya terlihat sekali sejak kudeta tahun 2021, dalam foto yang diambil di ruang sidang di Naypyidaw, dan tidak diizinkan untuk bertemu dengan pengacaranya.

Baca juga: Militer Myanmar Berencana Pindahkan Aung San Suu Kyi Jadi Tahanan Rumah

Pada bulan Juli, Menteri Luar Negeri Thailand yang akan segera keluar, Don Pramudwinai, menjadi pejabat asing pertama yang diberi akses untuk bertemu dengan Aung San Suu Kyi.

Ia mengatakan bahwa Aung San Suu Kyi dalam keadaan sehat dan mendukung dialog untuk menyelesaikan krisis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com