Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-550 Serangan Rusia ke Ukraina: Konfirmasi Prigozhin Tewas | Jalur Baru Ekspor Biji-bijian

Kompas.com - 28/08/2023, 12:05 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

KOMPAS.com - Perang Rusia-Ukraina memasuki hari ke-550 pada Minggu (27/8/2023), ditandai dengan konfirmasi bahwa pemimpin kelompok tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin, tewas dalam kecelakaan pesawat.

Sementara itu, Ukraina mulai menggunakan jalur baru untuk ekspor dengan hasil kapal kargo sipil keduanya tiba di perairan aman.

Berikut adalah rangkuman perang Ukraina-Rusia terkini.

Baca juga: Selandia Baru Tawarkan Tempat Tinggal bagi Warga Ukraina

1. Rusia konfirmasi Yevgeny Prigozhin tewas

Bos Wagner, Yevgeny Prigozhin, dikonfirmasi tewas dalam kecelakaan pesawat di Rusia yang terjadi pada Rabu (23/8/2023).

Komite Investigasi Rusia pada Minggu (27/8/2023) mengatakan, kematian Yevgeny Prigozhin dalam kecelakaan pesawat telah dikonfirmasi oleh analisis genetik resmi.

"Menurut hasil analisis, identitas ke-10 korban sudah diketahui, mereka sesuai dengan daftar yang tertera dalam daftar penerbangan," kata Komite tersebut, dikutip dari AFP.

Baca selengkapnya di sini.

2. Kapal kargo sipil kedua Ukraina sampai di perairan aman

Kapal kargo sipil kedua Ukraina pada Minggu (27/8/2023) telah mencapai perairan aman setelah meninggalkan pelabuhan Odessa.

Ukraina pada awal Agustus 2023 mengumumkan jalur perairan baru setelah Rusia keluar dari kesepakatan jalur aman ekspor biji-bijian dari Laut Hitam.

“Kapal kedua mencapai perairan Romania setelah berhasil melewati koridor sementara kami di Laut Hitam,” kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melalui media sosial, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Rusia Gandakan Jumlah Kapal Perang di Laut Hitam, Siap Menyerang?

3. Drone Ukraina serang Bryansk dan Kursk

Rusia pada Minggu (27/8/2023) menembak jatuh dua drone Ukraina yang terbang di perbatasan.

"(Pada) malam dan pagi hari… Dua kendaraan udara tak berawak terdeteksi dan dihancurkan saat terbang di atas wilayah Bryansk dan Kursk,” kata Kementerian Pertahanan Rusia, dikutip dari kantor berita AFP.

Gubernur wilayah Kursk yang terletak di sebelah perbatasan Ukraina mengatakan, sebuah drone menabrak gedung apartemen di kota Kursk semalam, meledakkan jendela di beberapa lantai.

Baca selengkapnya di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com