Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ucapan Selamat HUT Ke-78 RI dari Joe Biden untuk Jokowi

Kompas.com - 16/08/2023, 15:46 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Presiden AS Joe Biden memberikan ucapan selamat HUT ke-78 Republik Indonesia (RI) kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Rabu (16/8/2023).

“Atas nama rakyat Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan selamat dengan tulus kepada Anda dan rakyat Indonesia dalam rangka perayaan kemerdekaan yang ke-78,” ucap Biden dalam keterangan tertulis yang dikirim Kedubes AS di Jakarta kepada Kompas.com, Rabu.

Dia menyampaikan, Indonesia dan AS adalah negara yang sama-sama menjunjung prinsip demokrasi.

Baca juga: Biden Larang Investasi Teknologi AS di China

“Kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia (adalah) memajukan prinsip demokrasi yang sama-sama kita anut, keamanan, serta kemakmuran rakyat kita. Bersama-sama, negara kita mendorong masa depan yang cerah dan tangguh di Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” jelasnya.

Biden mengajak Jokowi untuk bekerja sama mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim dan perlindungan lingkungan.

“Kita memperkuat hubungan antarmasyarakat yang mendasari kemitraan kita bersama. Amerika Serikat juga memuji kepemimpinan Indonesia sebagai Ketua ASEAN dan mendukung tema ASEAN 2023, yakni ASEAN Matters: Epicentrum of Growth,” tuturnya.

“Saya berharap dapat semakin memperdalam dan memperluas kerja sama dan persahabatan kita di tahun mendatang. Selamat atas hari kemerdekaan Indonesia yang menggembirakan ini,” tambahnya.

Baca juga: Biden Isyaratkan Kemungkinan Arab Saudi Bersedia Normalisasi Hubungan dengan Israel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com