Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miss Universe Coret Penyelenggara Indonesia dan Batalkan Kontes di Malaysia

Kompas.com - 13/08/2023, 16:38 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Reuters

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyelenggara kontes ratu kecantikan internasional, Miss Universe Organization, memutus hubungan dengan perusahaan pemegang waralaba di Indonesia dan akan membatalkan kontes di Malaysia tahun ini.

Langkah itu diambil menyusul adanya tuduhan pelecehan seks yang dilakukan oleh penyelenggara Miss Universe di Indonesia terhadap para kontestan.

Organisasi yang berbasis di Amerika Serikat (AS) ini mengatakan dalam sebuah pernyataan melalui email pada Sabtu (12/8/2023), bahwa mereka telah memutuskan untuk membatalkan kontrak dengan PT Capella Swastika Karya dan direktur nasionalnya, Poppy Capella, yang juga memegang lisensi Miss Universe Malaysia.

Baca juga: Miss USA 2019 Tewas Bunuh Diri, Penyelenggara Kontes Itu dan Miss Universe Syok

Enam kontestan Miss Universe Indonesia sebelumnya telah mengajukan laporan kepada polisi dengan tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan oleh pihak penyelenggara.

Mereka mengatakan telah diminta untuk menanggalkan busana saat pemeriksaan tubuh atau “body check”, kata pengacara mereka pada Selasa (8/8/2023).

"Sudah jelas bahwa pemegang waralaba ini tidak memenuhi standar merek, etika, atau harapan kami seperti yang diuraikan dalam buku panduan waralaba dan kode etik kami," kata Organisasi Miss Universe, dikutip dari Reuters.

Miss Universe Organization menambahkan bahwa penyediaan tempat yang aman bagi perempuan adalah prioritas utama mereka.

Reuters melaporkan, Kepolisian Daerah Metro Jaya tidak merespons permintaan komentar dari mereka pada Minggu (13/8/2023).

Sebelumnya, pada Selasa, Kabid Humas Polda Metro Jaya Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan bahwa laporan tersebut akan diselidiki.

Capella mengatakan dalam sebuah pernyataan di Instagram, bahwa dia tidak membenarkan segala bentuk pelecehan seksual.

Baca juga: Gara-gara Ukuran Tubuh, Miss Universe Thailand Pernah Ditolak Jadi Model

"Saya menekankan bahwa Saya, selaku direktur internasional dan pemilik izin Mss Universe Indonesia tidak terlibat sama sekali dan tidak pernah mengetahui, menyuruh, meminta, atau mengizinkan siapa pun yang berperan dan berpartisipasi dalam proses penyelenggaraan Miss Universe 2023 untuk melakukan kekerasan atau pelecehan seksual melalui body checking sebagaimana yang ramai diberitakan," katanya.

Kontes Mis Universe di Jakarta diselenggarakan untuk memilih wakil Indonesia yang akan mengikuti kompetisi tahunan Miss Universe yang akan diselenggarakan di El Salvador pada akhir tahun ini.

Miss Universe Organization mengatakan mereka sedang mengevaluasi kebijakan dan prosedur untuk menghindari kejadian serupa di masa depan.

Mereka menegaskan, tidak ada persyaratan ukuran atau dimensi tubuh tertentu untuk mengikuti kontes mereka di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com