Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Serang Pangkalan Udara Militer Ukraina, Klaim Semua Target Kena

Kompas.com - 06/08/2023, 20:32 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KHMELNYTSKYI, KOMPAS.com - Rusia pada Minggu (6/8/2023) mengatakan, pasukannya menyerang pangkalan udara militer di wilayah Khmelnytskyi dan Rivne, Ukraina barat.

Kementerian Pertahanan Rusia mengeklaim bahwa semua serangan mengenai target.

"Semalam angkatan bersenjata Rusia melakukan serangan... di pangkalan udara angkatan bersenjata Ukraina di sekitar permukiman Starokostiantyniv di wilayah Khmelnytskyi dan Dubno di wilayah Rivne," kata Kementerian Pertahanan Rusia, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Kapal Tanker Rusia Rusak Dihantam Drone Ukraina di Selat Kerch

Sementara itu Ukraina menyampaikan, pihaknya menghadapi beberapa gelombang serangan dalam semalam, kemudian menjatuhkan 30 dari 40 rudal jelajah.

Ukraina juga menyebutkan, Rusia meluncurkan tiga rudal hipersonik Kinzhal-–lebih sulit  dicegat--tetapi tidak memberikan informasi apakah mereka dihancurkan atau tidak.

Pihak berwenang di wilayah Khmelnytskyi pada Minggu pagi mengemukakan, kebakaran terjadi di gudang limbah jagung di Starokostiantyniv, menyebar seluas lebih dari 1.400 meter persegi sebelum padam.

Wilayah yang terletak ratusan kilometer dari garis depan perang di Ukraina timur tersebut sering menjadi sasaran serangan Rusia.

Baca juga:

"Hari ini ada serangan rudal Rusia lainnya terhadap negara kami. (Rudal) Kinzhal, Kalibr. Mereka menghantam Motor Sich dan wilayah Khmelnytskyi kami," kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Sabtu (5/8/2023).

Adapun kepala administrasi wilayah Rivne yaitu Vitaliy Koval pada Minggu berujar, "Hanya beberapa rumah pribadi yang rusak."

Baca juga: Kekuatan Ukraina Disebut Kian Mendominasi, Rusia Kerepotan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com