Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Tertua di Dunia Kelahiran 1895 Meninggal di Usia 128 Tahun

Kompas.com - 06/08/2023, 14:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

 BRASILIA, KOMPAS.com - Seorang pria Brasil bernama Jose Paulino Gomes, yang disebut-sebut sebagai pria tertua di dunia meninggal dunia pada usia 127 tahun pada hari Jumat (4/8/2023), lapor sejumlah media internasional.

Jose meninggal dunia seminggu sebelum menginjak usia 128 tahun, di rumahnya di Pedra Bonita, Brasil.

Menurut media internasional, keluarganya mengatakan bahwa ia kemungkinan besar meninggal karena kegagalan organ tubuh karena usianya yang sudah lanjut.

Baca juga: Berusia 19 Tahun, Singa Tertua di Dunia Mati Ditombak Penggembala

Dia dimakamkan pada hari Sabtu, dengan keluarga di sekelilingnya.

Dilansir dari Khaleej Times, profesi Gomes yang dikenal adalah seorang penjinak hewan, dengan dia mengendarai kuda hingga empat tahun yang lalu.

Pria ini meninggalkan tujuh anak, 25 cucu, 42 cicit, dan 11 cicit buyut.

Jose dikenal karena tidak makan apa pun yang berasal dari industri dan memiliki pola makan yang alami.

"Dia memelihara ayam, babi. Semua makanannya berasal dari sini, harus ditanam atau dibesarkan di sini. Dan dia selalu suka minum sedikit," kata cucu Jose, Eliane Ferreira.

Meskipun keluarganya tidak sepenuhnya yakin dengan usianya karena kesalahan penempatan dokumen, sebuah akta pernikahan tahun 1917 dari kantor catatan sipil Pedra Bonita menunjukkan tanggal lahir Gomes adalah 4 Agustus 1895.

"Ada seorang wanita di dekat sini yang berusia 98 tahun. Dia mengatakan bahwa dia mengenal Gomes saat dia masih kecil. Saat itulah kami penasaran untuk memastikan usianya dan mencari tahu di kantor catatan sipil untuk mencari tahu kebenarannya," kata cucunya.

"Dia pasti berusia lebih dari 100 tahun, setidaknya 110 tahun. Sekarang kami perlu tahu bagaimana hal itu akan dicatat di akta kematian," tambahnya.

Rekor Guinness World Record untuk orang tertua yang masih hidup di dunia saat ini dipegang oleh Maria Branyas Morera dari Spanyol, yang berusia 116 tahun.

Baca juga: [UNIK GLOBAL] Prank Zelensky Palsu | Pohon Tertua di Dunia

Sementara itu, rekor untuk orang tertua yang masih hidup di dunia dipegang oleh Juan Vicente Perez Mora dari Venezuela, pada usia 114 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com