Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-483 Serangan Rusia ke Ukraina: Rute Baru Ekspor Gandum | Sidang Jack Teixeira

Kompas.com - 22/06/2023, 17:44 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - Perang Rusia-Ukraina memasuki hari ke-483 pada Rabu (21/6/2023), ditandai dengan tiga drone ditembak jatuh karena menargetkan pangkalan militer dekat Moskwa.

Sementara itu, Ukraina tidak optimistis dengan perpanjangan ekspor gandum karena menurut mereka efisiensinya sudah menurun, apalagi sudah ada rute baru untuk pengiriman.

Di Amerika Serikat, Jack Teixeira yang disidang karena membocorkan dokumen rahasia AS tentang perang Rusia-Ukraina mengaku tidak bersalah.

Baca juga: Tentara Rusia yang Hancurkan Tank Leopard Jerman di Ukraina Diganjar Bonus Rp 180 Juta

Dikutip dari kantor berita AFP, berikut adalah rangkuman perang Ukraina-Rusia terkini.

1. Rusia jatuhkan tiga drone Ukraina

Rusia pada Rabu (21/6/2023) mengatakan, pihaknya menjatuhkan tiga drone Ukraina yang menargetkan pangkalan militer di dekat Moskwa.

"Upaya hari ini oleh rezim Kyiv untuk melakukan serangan teroris dengan tiga kendaraan udara tak berawak jenis pesawat di fasilitas di wilayah Moskwa telah digagalkan," kata Kementerian Pertahanan Rusia, dikutip dari kantor berita AFP.

Kemenhan Rusia menambahkan, setiap drone ditembak jatuh oleh sistem pertahanan perang elektronik dan tidak ada yang terluka dalam serangan ini.

Baca selengkapnya di sini.

2. Korban tewas jebolnya Bendungan Kakhovka 41 orang di wilayah Rusia

Jumlah korban tewas akibat jebolnya bendungan Kakhovka meningkat menjadi 41 orang di wilayah kekuasaan Rusia pada Rabu (21/6/2023).

"Sayangnya jumlah korban tewas meningkat menjadi 41," kata Andrei Alekseyenko, pejabat senior otoritas pendudukan Rusia, dikutip dari kantor berita AFP.

Pada Sabtu (17/6/2023), otoritas di wilayah Kherson yang dikuasai Rusia mengumumkan, jumlah korban tewas akibat jebolnya bendungan Kakhvovka adalah 29 orang.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Seberapa Fatal Imbas Bendungan Besar di Kherson Ukraina Jebol akibat Serangan?

3. Pembocor dokumen AS mengaku tak bersalah

Jack Teixeira, anggota Angkatan Udara Amerika Serikat yang dituduh membocorkan dokumen rahasia Pentagon di forum obrolan online, pada Rabu (21/6/2023) mengaku tak bersalah di pengadilan.

Spesialis IT di Garda Nasional Udara Massachusetts berusia 21 tahun ini ditangkap pada April 2023 karena diduga mendalangi kebocoran dokumen rahasia AS paling besar dalam satu dekade.

Dia terancam enam dakwaan menyimpan dan mengirimkan informasi pertahanan nasional, yang masing-masing dapat berujung hingga sepuluh tahun penjara.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com