Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS akan Akhiri Persyaratan Vaksinasi Covid-19

Kompas.com - 02/05/2023, 12:11 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Amerika Serikat akan mengakhiri persyaratan vaksinasi Covid-19 untuk pelancong internasional dan pekerja federal pada 11 Mei, ketika darurat kesehatan masyarakat virus corona berakhir, kata Gedung Putih, Senin (1/5/2023).

Pada bulan Februari, Dewan Perwakilan Rakyat AS memilih untuk mencabut persyaratan bahwa sebagian besar pelancong via udara asing harus divaksinasi Covid-19.

Hal ini jadi salah satu dari sedikit pembatasan perjalanan pandemi yang tersisa yang masih berlaku.

Baca juga: Jepang Akan Samakan Covid-19 dengan Flu Musiman

Dilansir dari Reuters, pemerintahan Biden Juni lalu mencabut persyaratannya bahwa orang yang tiba di AS melalui udara harus dites negatif Covif-19.

Tetapi dia tetap memberlakukan persyaratan vaksinasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) untuk sebagian besar pelancong asing.

Aturan tersebut melarang bintang tenis Serbia Novak Djokovic mengikuti beberapa turnamen AS karena dia tidak divaksinasi Covid-19, tetapi mulai 12 Mei dia dapat dengan bebas masuk dan bermain di turnamen besar Amerika seperti AS Terbuka.

Kementerian Keamanan Dalam Negeri juga mengatakan Senin mulai 12 Mei tidak akan lagi mewajibkan pelancong non-AS yang memasuki Amerika Serikat melalui pelabuhan masuk darat dan feri untuk divaksinasi terhadap Covid-19 dan memberikan bukti vaksinasi berdasarkan permintaan.

Aturan administrasi Biden yang diberlakukan pada September 2021 yang mewajibkan sekitar 3,5 juta pegawai federal dan kontraktor untuk divaksinasi atau menghadapi pemecatan atau tindakan disipliner belum ditegakkan selama lebih dari setahun setelah serangkaian keputusan pengadilan.

Pengadilan banding federal pada bulan Maret menguatkan keputusan yang memblokir penegakan persyaratan vaksin karyawan.

Gedung Putih memberi tahu agen federal pada Oktober 2022 untuk tidak menegakkan persyaratan vaksin kontraktor bahkan setelah perintah nasional dicabut.

Baca juga: WHO: Angka Kematian Covid-19 Turun 95 Persen Mulai Awal 2023

Kementerisn Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan mengatakan akan memulai proses untuk mengakhiri persyaratan vaksinasi bagi pendidik Head Start dan fasilitas kesehatan bersertifikat pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com