Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti Mulai Ajari Burung Beo Lakukan Video Call

Kompas.com - 29/04/2023, 21:45 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber UPI

 WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Para peneliti dari Amerika Serikat dan Skotlandia mengatakan bahwa mereka mengajari burung beo peliharaan cara melakukan panggilan.

Sebagai hasilnya, burung-burung tersebut bisa mengembangkan persahabatan jarak jauh.

Tim yang terdiri dari para peneliti dari Northeastern University, Massachusetts Institute of Technology dan University of Glasgow.

Baca juga: Adik Perempuan Kim Jong Un, Kim Yo Jong Sebut Korea Selatan Burung Beo Amerika Serikat

Mereka merilis sebuah penelitian berjudul Birds of a Feather Video-Flock Together: Design and Evaluation of an Agency-Based Parrot-to-Parrot Video-Calling Sistem untuk Pengayaan Etika Antarspesies.

Dilansir dari UPI, studi tersebut melibatkan burung beo yang belajar membunyikan lonceng yang akan membuat penjaga membawakan mereka sebuah tablet.

Burung-burung akan menggunakan paruhnya untuk memilih foto burung lain di layar, dan panggilan video akan dimulai.

Beo menunjukkan perilaku selama panggilan yang meniru perilaku burung di alam liar, kata tim tersebut.

"Apa yang akan dilakukan burung lain, mereka akan melakukannya, bernyanyi bolak-balik," kata Jennifer Cunha, ahli perilaku burung beo dari Universitas Northeastern, kepada WHDH-TV.

"Jadi, ada banyak perilaku alami yang kami lihat di antara kedua burung itu, meski ada sekat di antara keduanya," ujarnya.

Para peneliti mengatakan burung beo mulai mengembangkan persahabatan melalui panggilan video, menunjukkan preferensi untuk berulang kali melakukan panggilan video ke teman jarak jauh yang sama.

Baca juga: Burung Beo Berteriak Anton, Anton Untuk Selamatkan Tuannya Dari Api

"Beberapa dinamika sosial yang kuat mulai muncul," kata Rebecca Kleinberger, asisten profesor di Northeastern, kepada Northeastern Global News.

Studi ini menunjukkan panggilan video antar burung dapat meningkatkan perilaku dan kesejahteraan burung beo yang dipelihara sebagai hewan peliharaan, terutama mereka yang merupakan satu-satunya burung beo di rumah mereka.

"Ketika mereka dipelihara sebagai hewan peliharaan, seringkali mereka menjadi satu-satunya burung di rumah," kata Kleinberger kepada Radio CBC.

Baca juga: Wanita China Meninggal karena Flu Burung H3N8, Kematian Pertama di Dunia

"Mereka tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan identitas spesies mereka sendiri," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com