Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delima Silalahi, Aktivis Lingkungan Asal Sumut Raih Penghargaan Goldman Environmental Prize 2023

Kompas.com - 25/04/2023, 08:18 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Delima Silalahi, aktivis lingkungan dari Sumatra Utara (Sumut) meraih penghargaan internasional Goldman Environmental Prize 2023.

Delima Silalahi (46) adalah Direktur Eksekutif Kelompok Studi dan Pengembangan Prakarsa Masyarakat (KSPPM), yakni organisasi non-pemerintah yang berdedikasi untuk perlindungan hutan adat di Sumatra Utara.

Pada Februari tahun lalu, berkat kampanye khusus yang dilakukan Delima bersama komunitas masyarakat adat di Tano Batak, pemerintah pada akhirnya memberikan hak pengelolaan sah atas 7.213 hektare hutan adat kepada enam kelompok masyarakat Tano Batak.

Baca juga: Di Negara Asalnya, Pemenang Nobel Perdamaian Ales Bialiatski Dihukum 10 Tahun Penjara di Belarus

Mereka berhasil merebut kembali tanah ini dari perusahaan pulp dan kertas yang telah mengubah sebagian lahan ini menjadi hutan tanaman industri eukaliptus yang bukan merupakan tanaman asli dan dikembangkan secara monokultur.

Keenam kelompok Masyarakat Adat ini pun telah memulai restorasi hutan sehingga menciptakan serapan karbon berharga di hutan tropis Indonesia dengan tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi.

Mereka terdiri dari komunitas masyarakat adat Pandumaan Sipituhuta, Nagasaribu Onan Harbangan, Bius Huta Ginjang, Janji Maria, Simenak-menak, dan Tornauli Aek Godang Adiankoting.

Keenam kelompok masyarakat adat ini memiliki program pemulihan kawasan hutan adat mereka dengan mulai menanam kembali spesies hutan asli, termasuk pohon kemenyan.

Delima dan KSPPM mendukung masyarakat untuk menanam kembali dan merestorasi ekosistem, sekaligus meningkatkan tutupan pohon hutan dan ketahanan iklim alami.

Baca juga: Jurnalis Peraih Nobel Maria Ressa Dibebaskan dari Tuduhan Penggelapan Pajak

Meski dihadapkan dengan industri paling berkuasa di Sumatra Utara, Delima dan komunitas masyarakat adat berhasil mendapatkan hak pengelolaan sah atas hutan adat masyarakat.

Mereka menganggap capaian ini sebagai kemenangan bagi ketahanan iklim, keanekaragaman hayati, dan hak Masyarakat Adat.

“Saya sangat gembira walaupun saya sadar bahwa ini bukanlah perjuangan saya sendiri. Ini adalah kemenangan buat gerakan Masyarakat Adat di Indonesia. Perjuangan hak atas tanah, hak atas identitas kita itu tidak turun dari langit. Itu diperjuangkan," kata Delima.

"Kita tidak sedang melanggar hukum. Ada konstitusi yang menjamin perjuangan kita. Negara tidak akan memberikannya begitu saja kepada kita,” tambahnya, sebagaimana tertuang dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com pada Selasa (25/4/2023). 

Goldman Environmental Foundation mengumumkan enam penerima Anugerah Lingkungan Goldman 2023 pada Senin (24/4/2023) pukul 17.30 waktu San Fransisko atau pada Selasa (25/4/2023) pukul 07.30 WIB.

Keenam aktivis lingkungan yang menerima penghargaan pada tahun ini berasal dari Zambia, Indonesia, Turkiye, Finlandia, Brasil, dan Amerika Serikat (AS).

Penyerahan Anugerah tahun ini dilakukan dalam seremoni langsung di Opera House San Francisco. Ini merupakan seremoni tatap muka pertama sejak 2019 karena sempat terjadi pandemi Covid-19.

Baca juga: Para Peraih Nobel Perdamaian 2022 Kompak Kecam Perang Putin

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com