Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alain Aspect, John Clauser, dan Anton Zeilinger Raih Penghargaan Nobel Fisika 2022, Ini Temuannya

Kompas.com - 04/10/2022, 20:00 WIB
Iman Fadhilah,
Irawan Sapto Adhi

Tim Redaksi

Sumber AFP

STOCKHOLM, KOMPAS.COM - Tiga fisikawan asal Amerika Serikat (AS), Austria, dan Perancis pada (4/10/2022) berhasil memenangkan penghargaan Nobel Fisika 2022.

Penghargaan tersebut mereka raih atas penemuan di bidang mekanika kuantum yang dapat membantu pengembangan teknologi komputer, jaringan, dan keamanan komunikasi kuantum.

Tiga fisikawan tersebut, yakni Alain Aspect dari Perancis, John Clauser dari Amerika Serikat, dan Anton Zeilinger dari Austria.

Baca juga: Svante Paabo Raih Nobel Kedokteran 2022, Ini Temuannya

"Mereka mendapat penghargaan untuk eksperimen dengan foton yang terjerat, membuktikan kekurangan dari ketidaksetaraan Bell, dan menjadi pelopor ilmu informasi kuantum," kata juri Penghargaan Nobel Fisika dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dikutip dari Kantor berita AFP.

“Masing-masing dari ilmuwan ini melakukan eksperimen terobosan dengan kuantum yang terjerat, di mana dua partikel bereaksi seperti unit yang sama bahkan ketika dipisahkan,” ujar Komite dari Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia.

Komite mengungkap bahwa hasil dari penelitian mereka telah membuka jalan bagi terciptanya teknologi yang baru berdasarkan penemuan kuantum.

Ketiganya diberi hadiah 10 juta Kronor Swedia atau setara dengan 901,500 dollar AS.

Pemberian hadiah akan dilakukan oleh Raja Carl XVI di upacara yang diselenggarakan di Stockholm pada 10 Desember 2022 mendatang.

Baca juga: Penerima Nobel Perdamaian Uskup Belo Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual Anak, Vatikan Akui Sudah Beri Sanksi

Acara tersebut sekaligus memperingati kematian Alfred Nobel, pencipta penghargaan Nobel yang meninggal pada 10 Desember 1896.

Tahun lalu, Syukuro Manabe dari Jepang dan Klaus Hasselmann yang mendapatkan penghargaan Nobel Fisika 2021 lewat penelitiannya tentang model iklim.

Selain itu, Giorgio Parisi asal Itali juga memenangkan penghargaan yang sama atas hasil penelitiannya tentang interaksi ketidakaturan dan fluktuasi dalam sistem fisik.

Pengumuman pemenang Nobel akan dilanjutkan pekan ini dengan penghargaan Nobel kimia pada Rabu (5/10/2022), diikuti dengan Nobel Sastra pada Kamis (6/10/2022), dan Nobel Perdamaian pada Jumat (7/10/2022).

Baca juga: Jurnalis Rusia Peraih Nobel Perdamaian Jual Medali Rp1,5 Triliun untuk Bantu Anak-anak Ukraina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com