Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandung-Melbourne Teken Kerja Sama di 5 Bidang

Kompas.com - 24/04/2024, 18:15 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

MELBOURNE, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan Kota Melbourne, Australia, secara resmi menjalin kerja sama sister city.

Hal tersebut ditandai dengan penandatangan Memorandum Saling Pengertian (MSP) antara Pemkot Bandung dan Melbourne mengenai Kerja Sama Antarkota di Melbourne Town Hall, Australia pada Senin (22/4/2024).

Konsul Jenderal RI untuk Victoria dan Tasmania, Kuncoro Giri Waseso, turut menyaksikan penandatanganan (MSP) tersebut.

Baca juga: Alunan Angklung Ramaikan Suasana Resepsi Diplomatik di Melbourne

Dari Pemerintah Kota Melbourne, tanda tangan MSP dilakukan langsung oleh Wali Kota Melbourne, Sally Capp AO.

Sementara itu, Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, telah lebih dulu menandatangani dokumen tersebut secara terpisah di Bandung.

MSP tersebut bertujuan untuk membentuk kerja sama dan mengembangkan hubungan persahabatan yang efektif dan saling menguntungkan.

Terdapat lima bidang kerja sama yang disepakati, yaitu:

  1. Kota Pintar
  2. Ekonomi dan Perdagangan
  3. Pendidikan Tinggi, Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas
  4. Kota Layak Huni
  5. Ketahanan Kota

MSP berlaku untuk empat tahun dan dapat diperpanjang untuk jangka waktu empat tahun berikutnya dengan persetujuan bersama secara tertulis.

Kedua belah pihak sepakat bahwa MSP yang baru ditandatangani harus dapat memperkuat kerja sama yang telah ada selama ini.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan Kota Melbourne, Australia, secara resmi menjalin kerja sama sister city. Hal tersebut ditandai dengan penandatangan Memorandum Saling Pengertian (MSP) antara Pemkot Bandung dan Melbourne mengenai Kerja Sama Antarkota di Melbourne Town Hall, Australia pada Senin (22/4/2024).KJRI Melbourne Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan Kota Melbourne, Australia, secara resmi menjalin kerja sama sister city. Hal tersebut ditandai dengan penandatangan Memorandum Saling Pengertian (MSP) antara Pemkot Bandung dan Melbourne mengenai Kerja Sama Antarkota di Melbourne Town Hall, Australia pada Senin (22/4/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Wali Kota Melbourne juga menyampaikan kesan yang baik dalam kunjungan ke Bandung pada 2019, termasuk saat menyaksikan control centre dengan state of the art yang dimiliki kota Bandung.

Baca juga: Kemeriahan Flashmob Tarian Tor-tor Goyang Outdoor Festival Indonesia di Melbourne

Sebelum MSP tersebut ditandatangani, kedua kota telah memiliki kerja sama yang aktif, antara lain melalui Bandung-Melbourne Innovation Event Social Impact tahun 2022, keikutsertaan Pemkot Bandung dalam kegiatan Victoria Cleantech Expo 2021, dan lain sebagainya.

Dalam keterangan tertulis yang dikirim KJRI Melbourne kepada Kompas.com pada Rabu (24/4/2024), disebutkan beberapa potensi kerja sama yang dapat dilakukan sebagai implementasi MSP antara Pemkot Bandung dan Melbourne ke depan di antaranya, yakni tukar pengalaman dalam penyelenggaraan operasional harian kota, pitch competition, pertukaran pengetahuan, kerja sama seni budaya, pertukaran pelajar, serta promosi perdagangan dan investasi dua arah.

Sebelum penandatanganan tersebut, KJRI Melbourne juga telah memfasilitasi pertemuan antara Delegasi Pemerintah Kota Bandung dengan Indonesian Culinary Association of Victoria (ICAV), asosiasi pebisnis dan pegiat gastornomi Indonesia di Victoria.

Dalam pertemuan, kedua belah pihak membahas kolaborasi yang dapat dilakukan ke depan, seperti partisipasi Pemkot Bandung dalam kegiatan promosi gastronomi di Victoria, penjajakan peluang bisnis seperti ekspor rempah dan barang kerajinan asal Bandung, serta ekspansi restoran asal Bandung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com