Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Indonesia di Melbourne Akan Gelar Forum Bisnis, Dorong Perekonomian di Tanah Air

Kompas.com - 12/09/2023, 07:01 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

MELBOURNE, KOMPAS.com - Setelah 11 tahun vakum, Festival Indonesia (FI 2023) di Melbourne, Australia, kembali akan menghadirkan Forum Bisnis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Mengambil tema "Starting the Conversation on Indonesia’s Sustainable Economy", forum bisnis ditujukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan yang ramah lingkungan dan bertanggung jawab sosial.

Forum Bisnis akan diselenggarakan pada 6 Oktober 2023 di Conversation Quarter, State Library Victoria.

Baca juga: Upacara HUT Ke-78 RI Digelar KJRI Melbourne di Australia

Forum ini rencananya akan dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Australia di Canberra, Siswo Pramono, dan perwakilan dari the Indonesian Investment Promotion Centre (IIPC) di Sydney.

Forum Bisnis ditargetkan bisa dihadiri oleh para pelaku usaha di Australia yang berminat melakukan pengembangan bisnis maupun investasi dengan pelaku usaha terkait di Indonesia.

Untuk memfasilitasi pertemuan secara langsung para pelaku bisnis tersebut, Festival Indonesia juga akan menyelenggarakan B2B Matchmaking di tempat dan waktu yang bersamaan.

Berdasarkan Biro Statistik Australia (Australian Bureau of Statistics), Perdagangan RI dengan negara bagian Victoria dan Tasmania pada Januari-September 2022 mencapai 2,61 miliar dollar Australia.

Dari nilai perdagangan tersebut, Indonesia surplus 385,93 juta dollar Austalia dengan komoditas ekspor utama urea, receiver TV berwarna, minyak bumi, dan cocoa butter.

Sementara itu, jumlah pengunjung dari Victoria dan Tasmania ke Indonesia pada Januari-September 2022 mencapai 16.960 orang.

Konsul Jenderal RI di Melbourne, Kuncoro Waseso, berharap FI 2023 tidak hanya berkontribusi pada perekonomian di tanah air, namun juga dapat menjadi sarana penguat hubungan sosial budaya Indonesia-Australia.

Baca juga: Penjelasan Jetstar Airways Terkait Penerbangan Putar Balik Tujuan Bali dari Melbourne

“Kita juga perlu ingat bahwa kegiatan Bisnis Forum dan B2B Macthmaking merupakan bagian dari rangkaian kegiatan FI 2023 pada 6-8 Oktober 2023, yang juga akan diramaikan dengan Indonesian Night dan Outdoor Festival. Semua kegiatan ini saling berkaitan dan saling mendukung satu sama lain,” jelasnya, dalam keterangan tertulis yang dikirim kepada Kompas.com.

Festival Indonesia tahun ini diselenggarakan oleh komunitas Indonesia di Melbourne yang tergabung dalam Festival Indonesia Incorporated dan didukung oleh Konsulat Jenderal RI di Melbourne.

FI 2023 juga bekerjasama dengan Garuda Indonesia dan disponsori oleh Xendit, IIPC Sydney, Kabo Lawyers, dan didukung Atase Perdagangan RI di Canberra dan Indonesian Culinary Asssociation in Victoria (ICAV).

Festival Indonesia menjadi bagian penting dari kalender kegiatan di Victoria, Australia yang terkenal dengan kekayaan latar belakang etnis dan budaya warganya yang berasal dari lebih 200 negara.

Berdasarkan sensus penduduk tahun 2021, Victoria memiliki penduduk 6.7 juta jiwa. Dari jumlah penduduk tersebut, 20,643 penduduk Victoria dilahirkan di Indonesia.

Baca juga: Dilarang Mendarat di Bali, Pesawat Jetstar Putar Balik ke Melbourne, Penumpang Kecewa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com