Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mayoritas Arab Saudi Diperkirakan Dilanda Badai Pasir dan Hujan Salju hingga Akhir Ramadhan

Kompas.com - 09/04/2023, 19:14 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

JEDDAH, KOMPAS.com - Sebagian besar wilayah Arab Saudi diperkirakan akan dilanda hujan sedang hingga lebat, badai pasir, dan hujan salju mulai Minggu (9/4/2023) sampai akhir bulan Ramadhan.

Hal itu diungkap oleh Pusat Meteorologi Nasional (NCM) Arab Saudi dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (8/4/2023).

NCM menyebut, badai petir musim semi yang diselingi badai debu, hujan deras, dan hujan salju diperkirakan terjadi dari Senin (10/4/2023) hingga Kamis (14/4/2023) di wilayah Qassim, Riyadh, Provinsi Timur, dan Hail.

Baca juga: Pemandangan Pegunungan di Arab Saudi yang Diselimuti Salju sejak Tahun Baru

Sementara, NCM mengatakan, hujan sedang hingga lebat akan terjadi di wilayah Asir, Al-Baha, Jazan, Makkah, Najran, dan Madinah pada hari Minggu dan Senin, serta pada Rabu (13/4/2023) dan Kamis.

Salju yang turun di daerah Tabuk, Arab SaudiSPA/ArabNews Salju yang turun di daerah Tabuk, Arab Saudi

Sedangkan, badai petir sedang hingga lebat diperkirakan akan dialami di wilayah Tabuk, Al-Jouf, dan wilayah Perbatasan Utara dari Senin hingga Rabu.

NCM menyatakan bahwa badai petir ringan hingga sedang yang disertai badai pasir diperkirakan terjadi di Provinsi Timur dari Senin hingga Kamis, serta di wilayah Mekkah, Tabuk, dan Madinah pada hari Minggu, Senin, dan Rabu.

"Prakiraan awal menunjukkan kemungkinan hujan akan berlanjut di sebagian besar wilayah Awab Saudi hingga pertengahan minggu depan," ungkap NCM, sebagaimana dikutip dari Saudi Gazette.

Baca juga: Puluhan Orang Meninggal Setelah 125.000 Mobil Terjebak Macet dalam Badai Salju

NCM mengimbau masyarakat untuk memantau situs web dan akun media sosialnya guna mendapatkan informasi lebih lanjut tentang situasi cuaca yang mungkin terjadi dan daerah yang terkena dampaknya.

NCM juga meminta mereka untuk secara ketat mematuhi instruksi yang dikeluarkan oleh otoritas yang berwenang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com