Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Inggris Rishi Sunak Menghadap Raja Charles III, Janji Perbaiki Kesalahan Pendahulu

Kompas.com - 25/10/2022, 19:57 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber CNN


LONDON, KOMPAS.com - Raja Charles III secara resmi mengangkat Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dengan pertemuan formal pertama keduanya di Istana Buckingham, London.

Rishi Sunak secara resmi menjadi Perdana Menteri Inggris ketiga tahun ini, setelah PM Inggris Liz Truss mundur menyusul masa jabatan 50 hari yang mengguncang ekonomi Inggris hingga ke intinya.

Pada Selasa (25/10/2022), PM Inggris pertama dari keturunan Asia itu mengatakan "kesalahan dibuat" oleh pendahulunya sementara dia harus berusaha membawa stabilitas ke Inggris setelah berbulan-bulan gejolak politik dan ekonomi.

Baca juga: Rishi Sunak Menjadi Perdana Menteri Baru Inggris

Sunak menjadi orang kulit berwarna pertama dan orang Hindu pertama yang memimpin Inggris setelah memenangkan kontes kepemimpinan Partai Konservatif pada Senin (24/10/2022).

Pada usia 42 tahun, dia juga orang termuda yang menjabat dalam lebih dari 200 tahun.

Setelah diundang untuk membentuk pemerintahan oleh Raja Charles III, Sunak kembali ke Downing Street di mana ia menyampaikan pidato untuk mengurangi beberapa kekhawatiran publik dan memaparkan beberapa visi untuk jabatan perdana menteri.

Janji PM Inggris Rishi Sunak

Dalam pidato pertamanya sebagai perdana menteri baru Inggris, Sunak mengatakan negara itu berada dalam “krisis ekonomi yang mendalam,” sebelum memberikan penghormatan kepada Truss.

“Saya mengagumi perjuangannya untuk menciptakan perubahan. Tetapi beberapa kesalahan dibuat. Tidak lahir dari kehendak atau niat buruk. Justru sebaliknya, tapi tetap saja kesalahan,” katanya.

“Dan saya telah terpilih sebagai pemimpin partai saya, dan sebagian perdana menteri Anda, untuk memperbaikinya. Dan pekerjaan itu segera dimulai.”

Baca juga: Reaksi Beragam Warga India Saat Rishi Sunak Jadi PM Inggris

Sunak menyoroti pengalamannya sebagai menteri keuangan selama pandemi untuk menggambarkan bagaimana ia berniat untuk mengatasi tantangan ke depan.

“Anda melihat saya selama Covid melakukan semua yang saya bisa untuk melindungi orang dan bisnis, dengan skema seperti cuti. Selalu ada batasan, lebih dari sebelumnya. Tapi saya berjanji ini kepada Anda: Saya akan membawa perlakuan yang sama untuk tantangan yang kita hadapi hari ini, ”katanya.

“Pemerintah yang saya pimpin tidak akan meninggalkan generasi berikutnya – anak dan cucu Anda – dengan hutang yang harus diselesaikan, karena kami terlalu lemah untuk membayar sendiri. Saya akan menyatukan negara kita, bukan dengan kata-kata tetapi dengan tindakan.”

Sunak menambahkan: “Saya akan bekerja hari demi hari untuk melayani Anda. Pemerintah ini akan memiliki integritas, profesionalisme dan akuntabilitas di setiap tingkatan.”

Perdana Menteri Inggris yang baru Rishi Sunak melambai setelah tiba di Downing Street di London, Selasa, 25 Oktober 2022, setelah kembali dari Istana Buckingham di mana ia secara resmi ditunjuk oleh Raja Inggris Charles III.AP PHOTO/FRANK AUGSTEIN Perdana Menteri Inggris yang baru Rishi Sunak melambai setelah tiba di Downing Street di London, Selasa, 25 Oktober 2022, setelah kembali dari Istana Buckingham di mana ia secara resmi ditunjuk oleh Raja Inggris Charles III.

Pesan Liz Truss

Sebelumnya Selasa (25/10/2022), Truss menyampaikan pidato terakhirnya di podium Downing Street sebelum pergi dengan mobil ke Istana Buckingham.

Meskipun masa jabatannya membawa bencana yang membuatnya menjadi perdana menteri terpendek di Inggris dalam sejarah, Truss tampil penuh percaya diri dan tersenyum.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com