Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momen Langka Resepsi Diplomatik Peringatan HUT Ke-77 RI di Atas KRI Bima Suci

Kompas.com - 16/09/2022, 21:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Rilis

SYDNEY, KOMPAS.com – KJRI Sydney dan KRI Bima Suci berkolaborasi menyelenggarakan resepsi diplomatik di atas kapal KRI Bima Suci yang bersandar di pangkalan HMAS Kuttabul, Sydney, New South Wales (NSW), Australia, Senin (12/9/2022).

Resepsi diplomatik digelar masih dalam rangka perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan RI.

Kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 100 orang yang terdiri atas perwakilan pemerintah setempat, anggota parlemen, perwakilan korps konsulat negara sahabat di Sydney, kalangan pebisnis, lembaga think tank, dan kelompok masyarakat serta diaspora Indonesia.

Baca juga: Ribuan Warga Sydney Sambut Meriah Kedatangan KRI Bima Suci

Tamu kehormatan yang hadir di antaranya Asisten Operasi Panglima TNI Mayjen TNI Agus Suhardi, Kepala Staf Angkatan Laut Australia Vice Admiral Mark Hammond, Member of Advisory Board Multiculture NSW Margaret Piper, dan anggota parlemen NSW Greg Piper.

Dalam sambutannya, Konsul Jenderal RI Sydney Vedi Kurnia Buana menekankan bahwa peringatan HUT RI merupakan momen perayaan sekaligus penguatan komitmen untuk menghadapi berbagai tantangan ke depan.

Vedi juga menggarisbawahi kuatnya hubungan bilateral Indonesia dan Australia saat ini, sebagaimana rilis yang diterima Kompas.com dari Konsulat Jenderal RI Sydney.

“Hubungan yang semakin kuat tentunya membuka berbagai peluang dan kesempatan yang harus dimanfaatkan untuk kepentingan bersama kedua negara, termasuk masyarakatnya,” ungkap Vedi.

Baca juga: Kapal KRI Bima Suci Tiba di Australia, Disambut Meriah Warga Setempat

Dia berharap, penguatan hubungan bilateral ini menjadi aset penting yang dapat diwujudkan melalui berbagai kerja sama konkret. “Semoga Tuhan memberkati Indonesia, semoga Tuhan memberkati Australia,” Ucap Vedi.

Mewakili Menteri Multikultur NSW, Margaret Piper menggarisbawahi posisi istimewa Indonesia bagi Australia, dimulai dari kedatangan pelaut Makassar yang berinteraksi dengan penduduk Aborigin 300 tahun lalu hingga berbagai kerja sama antara kedua negara dan masyarakatnya saat ini.

Secara khusus, Margaret Piper mengapresiasi dukungan diaspora Indonesia terhadap perkembangan ekonomi dan kehidupan multikultur di NSW.

Hal senada disampaikan Greg Piper. Ia menekankan bahwa Indonesia penting bagi Australia, tidak terbatas menjadi lokasi tujuan wisata warga Australia, tetapi lebih dari itu.

Baca juga: Operasi Diplomasi, KRI Bima Suci Berlayar 91 Hari ke Malaysia hingga Australia

Suasana resepsi diplomatik di atas kapal KRI Bima Suci yang bersandar di pangkalan HMAS Kuttabul, Sydney, New South Wales (NSW), Australia, Senin (12/9/2022).KJRI SYDNEY Suasana resepsi diplomatik di atas kapal KRI Bima Suci yang bersandar di pangkalan HMAS Kuttabul, Sydney, New South Wales (NSW), Australia, Senin (12/9/2022).

Indonesia merupakan mitra dalam bidang pertahanan, perdagangan, dan beberapa isu global, termasuk perubahan iklim.

Sementara itu, Hammond mengungkapkan bahwa kunjungan KRI Bima Suci ke Australia mencerminkan kedekatan hubungan antara Angkatan Laut Australia dan Indonesia.

Diaa berharap agar hubungan baik ini dapat terus terpelihara.

Para tamu dijamu berbagai hidangan khas Indonesia. Suasana resepsi diplomatik di KRI Bima Suci juga dimeriahkan sejumlah tarian dari para taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) antara lain Tari Betawi, Tari Perang, Tari Merak, Tari Saman, Tari Rampak Gendang, dan Tari Rama Sinta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com