Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengakuan Menteri Pertahanan Inggris: 20 Tahun Operasi di Afghanistan Gagal

Kompas.com - 13/08/2022, 20:01 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Daily Mail

LONDON, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengakui kampanye berdarah Inggris di Afghanistan berakhir dengan kegagalan, dan mengatakan alasan untuk campur tangan lagi runtuh akibat penarikan pasukan yang kacau tahun lalu.

“Kami pergi ke sana untuk alasan yang tepat dan tinggal selama 20 tahun, kami telah melakukan keamanan, pembangunan ekonomi, pendidikan, tetapi kami gagal," kata Ben Wallace kepada Editor Pertahanan dan Diplomasi Mark Nicol sebagaimana dilansir Daily Mail pada Jumat (12/8/2022).

Hal itu disampaikan Menteri Pertahanan Inggris dalam kunjungan ke tugu peringatan perang yang didedikasikan untuk ratusan tentara Inggris yang tewas selama operasi 20 tahun di Afghanistan.

Baca juga: Kembali ke Afghanistan, Tentara Berbahaya Ini Dapat Fasilitas Mewah dan Dibiayai Taliban

Wallace juga berbicara tentang ketakutannya bahwa orang tua mereka yang berduka akan merasa bahwa kematian mereka sia-sia.

“Dan sejarah memberi tahu kami ketika Barat meninggalkan negara itu, itu akan kembali seperti semula.”

"Kami meninggalkan orang-orang, menyerahkan negara itu kepada Taliban dan jaringan Haqqani, terutama karena Barat tidak benar-benar ingin tinggal. Dan jika tidak ingin tinggal, mengapa mereka semua pergi ke sana?”

Taliban melancarkan pengambilalihan Afghanistan selama 10 hari pada Agustus tahun lalu, ketika penarikan pasukan barat dari Afghanistan.

Itu dilakukan terlepas dari miliaran dolar yang dihabiskan oleh Amerika Serikat (AS) dan NATO selama hampir dua dekade untuk membangun pasukan keamanan Afghanistan.

Baca juga: Taliban Mengaku Tak Tahu Al Zawahiri Ada di Afghanistan, Ini yang Dikatakan

Pengambilalihan tersebut memuncak pada jatuhnya ibu kota Kabul pada 15 Agustus, ketika presiden Ashraf Ghani melarikan diri ke Abu Dhabi dan mengakui bahwa Taliban telah menang.

Kekacauan terjadi di bandara Kabul ketika orang-orang mencoba melarikan diri, dengan para pengungsi digambarkan berpegangan pada pesawat ketika mereka mencoba lepas landas.

Sejak itu Taliban melarang anak perempuan di sekolah menengah kembali ke kelas, dan memerintahkan semua perempuan untuk menutupi wajah mereka di depan umum.

Menteri Pertahanan Inggris sendiri tersedak tahun lalu, ketika dia berbicara tentang konsekuensi dari runtuhnya tentara Afghanistan yang dilatih oleh Barat.

Wallace - yang bertugas di militer sebelum memasuki politik - mengatakan dia merasakan masalah itu begitu dalam karena dia adalah seorang tentara.

Pernyataannya juga keluar di tengah kabar bahwa pemerintah Inggris menampung pengungsi Afghanistan di hotel dengan biaya 1 juta poundsterling (Rp 17,8 miliar) per hari.

Baca juga: Kematian Ayman al-Zawahiri dan Kapabilitas Intelijen AS di Afghanistan

Sekitar 9.500 pengungsi diketahui tinggal di 70 hotel saat mereka menunggu akomodasi yang lebih mapan.

Para pejabat menyadari bahwa tinggal di hotel bukanlah situasi terbaik bagi keluarga-keluarga itu dan berusaha memindahkan mereka ke rumah permanen secepat mungkin.

Penundaan tersebut terjadi karena kompleksitas pencocokan keluarga dengan rumah yang sesuai, serta tekanan yang sudah ada sebelumnya pada sistem perumahan di Inggris.

Sekitar 7.000 pengungsi Afghanistan dikatakan telah dipindahkan ke akomodasi menetap sejak tiba di negara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com