Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Negara Ukraina Sambangi Biden di Gedung Putih, Zelensky Harapkan Bantuan Signifikan

Kompas.com - 20/07/2022, 14:02 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber CNA

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, dengan bunga di tangan, dan ibu negara Jill Biden menyambut ibu negara Ukraina Olena Zelenska, ke Gedung Putih pada Selasa (19/7/2022) untuk kunjungan menjelang pidatonya di Kongres pada Rabu (20/7/2022).

Zelenska, istri Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, memeluk Jill Biden dan menerima bunga dari presiden, yang menyambut di depan kendaraannya.

Baca juga: Gedung Putih Ungkap Rencana Rusia Caplok Ukraina, Ini Strateginya

Setelah itu, kedua wanita dan delegasi dari kedua negara duduk untuk pertemuan di Ruang Biru Gedung Putih.

Pada Mei, Jill Biden telah melakukan kunjungan mendadak ke Ukraina yang diserbu Rusia. Dia bertemu dengan Ibu Negara Ukraina dan mengunjungi sekolah yang melindungi pengungsi Ukraina.

Zelensky mengatakan dia mengharapkan "hasil yang signifikan" dari pertemuan istrinya di Washington DC.

Tugas Zelenska termasuk meningkatkan dukungan AS untuk Ukraina, memperoleh dukungan tambahan untuk "melindungi orang dari teror Rusia" dan meningkatkan bantuan kemanusiaan, katanya dalam pidato video larut malam sebagaimana dilansir CNA.

Baca juga: Ukraina Tetapkan Target Waktu Bisa Menang Lawan Rusia dalam Perang

Dia mengatakan pidato di depan Kongres akan menjadi penting, menambahkan "Saya sangat yakin itu akan didengar oleh orang-orang yang bertanggung jawab untuk membuat keputusan di Amerika Serikat".

Rusia menyebut tindakannya di Ukraina sebagai "operasi militer khusus" untuk memastikan keamanannya sendiri. Zelensky telah memimpin negaranya untuk melawan Moskwa.

"Ketika saya kembali, salah satu hal yang saya katakan adalah, Anda tidak bisa pergi ke zona perang dan kembali tanpa merasakan kesedihan dan rasa sakit orang-orang," kata Jill Biden di awal pertemuan mereka.

Dia mengatakan telah berbicara dengan timnya tentang membantu mengatasi masalah kesehatan mental bagi ibu dan anak-anak Ukraina yang telah menderita sebagai korban perang.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-146 Serangan Rusia ke Ukraina, Odessa Digempur Rudal, Putin Puji Erdogan

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com