Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-145 Serangan Rusia ke Ukraina, Zelensky Pecat Jaksa Agung, Uni Eropa Bahas Sanksi Baru

Kompas.com - 19/07/2022, 07:15 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Perang Ukraina vs Rusia memasuki hari ke-145 pada Senin (18/7/2022), yang diwarnai dengan pemecatan kepala intel militer dan jaksa agung oleh Presiden Volodymyr Zelensky, serta pembahasan sanksi baru Rusia oleh Uni Eropa.

Sementara itu, Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan kembali mengancam menggagalkan keanggotaan Swedia dan Finlandia di NATO.

Kemudian di Rusia, pihak Moskwa menjatuhkan denda ke Google karena menilai platform itu tidak menghapus "konten palsu" tentang serangan ke Ukraina.

Baca juga: Rusia Siapkan Tahap Serangan Berikutnya di Ukraina, Mulai Kewalahan Lawan Senjata Barat?

Dikutip dari kantor berita AFP, berikut rangkuman Rusia invasi Ukraina pada hari ke-145 dapat Anda baca di bawah ini.

1. Erdogan ancam lagi keanggotaan Swedia dan Finlandia di NATO

Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan kembali mengancam menggagalkan keanggotaan dua negara Nordik yaitu Swedia dan Finlandia di NATO.

Menjelang KTT dengan Rusia dan Iran, Erdogan mengatakan bahwa Turkiye masih siap membekukan proses Swedia dan Finlandia gabung NATO, jika kedua negara itu tidak memenuhi persyaratan Ankara untuk bertindak melawan milisi Kurdi yang tinggal di dalam perbatasan mereka.

Pada Selasa (19/7/2022), Erdogan akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Teheran, Iran, untuk membahas cara melanjutkan ekspor biji-bijian dari pelabuhan Ukraina yang diblokade oleh pasukan Rusia.

Baca juga: Alasan Mengapa Turki Tak Setuju Swedia dan Finlandia Gabung NATO

2. Penembakan Rusia tewaskan enam orang di Donbass

Asap hitam dan debu membubung dari kota terdekat Severodonetsk selama pertempuran antara pasukan Rusia dan Ukraina di wilayah Donbass, Ukraina timur, pada 9 Juni 2022. Severodonetsk dikuasai Rusia, menurut pengumuman wali kotanya pada Sabtu (25/6/2022).AFP PHOTO/ARIS MESSINIS Asap hitam dan debu membubung dari kota terdekat Severodonetsk selama pertempuran antara pasukan Rusia dan Ukraina di wilayah Donbass, Ukraina timur, pada 9 Juni 2022. Severodonetsk dikuasai Rusia, menurut pengumuman wali kotanya pada Sabtu (25/6/2022).
Penembakan oleh pasukan Rusia menghancurkan gedung berlantai dua, dan menewaskan enam orang di Kota Toretsk, Donetsk, Ukraina timur.

Toretsk terletak sekitar 50 kilometer di selatan Kramatorsk, salah satu kota terakhir yang dikuasai Ukraina di jantung industri Donbass.

Setelah gagal merebut ibu kota Kyiv pada awal invasi, pasukan Rusia mengalihkan perhatian mereka ke Donbass dan baru-baru ini merebut Kota Lysychansk serta Severodonetsk.

3. Zelensky pecat jaksa tinggi dan kepala intel militer

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tiba-tiba memecat Kepala Dinas Keamanan Ukraina (SBU) Ivan Bakanov dan Jaksa Agung Iryna Venediktova.

SBU adalah otoritas penegakan hukum serta badan intelijen dan keamanan utama Ukraina. SBU juga mengoperasikan unit pasukan khusus sendiri yaitu Grup Alpha.

Pemecatan yang tiba-tiba ini terkait dengan puluhan kasus kolaborasi antara sejumlah staf dan pejabat Ukraina dengan Rusia.

Pemecatan Bakanov--yang merupakan teman masa kecil Zelensky--dan Venediktova diumumkan dalam perintah eksekutif di situs web presiden.

Baca juga:

4. Uni Eropa bahas sanksi baru untuk Rusia

Uni EropaShutterstock Uni Eropa
Para menteri luar negeri negara-negara Uni Eropa bertemu untuk membahas penjatuhan lebih banyak sanksi terhadap Rusia, termasuk larangan pembelian emas dari negara tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com