Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebulu Tangkis Ukraina Takjub dengan Animo Masyarakat Indonesia, Beri Pesan Ini ke Dunia

Kompas.com - 19/06/2022, 16:34 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

JAKARTA, KOMPAS.com – Pebulu tangkis ganda putri Ukraina yang berlaga di ajang Indonesia Open 2022, Yelyzaveta Zharka dan Mariia Stoliarenko mengaku terkesima dengan animo masyarakat Indonesia yang luar biasa terhadap olahraga badminton.

Zharka dan Stoliarenko adalah satu-satunya pebulu tangkis Ukraina yang berkompetisi di turnamen peringkat teratas Super 1.000 Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) di kalender 2022 tersebut.

Ganda putri Ukraina ini memang tersingkir di babak pertama pada Selasa (14/6/2022).

Baca juga: 2 Warga AS yang Hilang di Ukraina Muncul dalam Video Media Rusia

Keduanya juga tersingkir lebih awal di Super 500 Indonesia Masters pada minggu sebelumnya di tempat yang sama.

Meski demikian, Zharka dan Stoliarenko menganggap menjadi sebuah kemenangan ketika mereka dapat meningkatkan kesadaran di panggung global terhadap nasib rekan-rekan mereka yang hidup di bawah pengeboman Rusia.

"Kami ingin orang-orang tidak melupakan situasi kami yang sekarang masih terjadi di Ukraina," kata Zharka.

"Selain itu, (kami ingin) orang-orang bisa tahu bahwa Ukraina membutuhkan dukungan, membutuhkan perhatian dalam perjuangan kami untuk kebebasan," tambah perempuan usia 30 tahun itu, dilansir dari AFP.

Pasangan ganda putri peringkat ke-68 di dunia itu, mengatakan memberi orang-orang Ukraina momen kebanggaan dan motivasi adalah alasan pertama mereka untuk terus bersaing di turnamen bulu tangkis global saat perang berkecamuk di negara asal.

Merasakan dampak langsung konflik di Ukraina

Zharka dan Stoliarenko dilaporkan telah secara langsung merasakan dampak konflik di Ukraina yang dimulai sejak 24 Februari 2022.

Pada Maret, mereka terpaksa meninggalkan kota asal mereka Kharkiv, di mana pasukan Ukraina telah menderita kerugian yang menyakitkan dan pasukan Rusia telah dituduh melakukan kekejaman termasuk menggunakan munisi tandan pada warga sipil.

Baca juga: Kapan Perang Rusia-Ukraina Berakhir? Ini Prediksi NATO

Mereka sempat berlindung di Polandia.

Zharka kemudian berkesempatan pergi ke Perancis di mana mantan klubnya di Strasbourg mengizinkannya untuk tinggal dan berlatih sebelum dia mengundang Stoliarenko untuk bergabung.

Serangkaian turnamen di seluruh Eropa lantas mereka ikuti, termasuk Orleans Masters di Perancis dan Kejuaraan Eropa di Spanyol.

Takjub dengan penonton bulu tangkis di Indonesia

Foto diambil pada 15 Juni 2022 ini menunjukkan pebulu tangkis ganda putri Ukraina Yelyzaveta Zharka (kiri) dan Mariia Stoliarenko, yang tengah berpose di Jakarta, Indonesia. Mereka termasuk pebulu tangkis yang ikut berlaga di ajang Indonesia Open 2022.AFP/ADEK BERRY Foto diambil pada 15 Juni 2022 ini menunjukkan pebulu tangkis ganda putri Ukraina Yelyzaveta Zharka (kiri) dan Mariia Stoliarenko, yang tengah berpose di Jakarta, Indonesia. Mereka termasuk pebulu tangkis yang ikut berlaga di ajang Indonesia Open 2022.

Zharka dan Stoliarenko, yang mulai bermain bersama pada tahun lalu, dapat berangkat ke Asia pada Mei setelah federasi bulu tangkis Ukraina menghubungi rekan-rekan mereka di Thailand dan BWF.

Baca juga: Lagi, Warga AS Dilaporkan Hilang setelah Nekat Berangkat ke Ukraina

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com